Beranda Gaya Hidup Yuk Nabung, Kaum Milenial Diprediksi Jadi Gelandangan di 2020 Loh!

Yuk Nabung, Kaum Milenial Diprediksi Jadi Gelandangan di 2020 Loh!

Ilustrasi - foto istimewa jpnn.com

Banyak diantara anak muda masih minim sekali anak muda yang memikirkan investasi. Padahal, manfaat investasi itu sangat besar dirasakan apabila dijalankan dengan rutin.

Memulai investasi di usia muda itu akan sangat menguntungkan karena anak muda baik yang belum bekerja maupun yang sudah memiliki pekerjaan belum ada tanggungan. Untuk biaya kebutuhannya pun masih sedikit.

Kalangan muda yang berada di usia 20 tahunan bisa memulai investasi dengan memilih instrumen investasi yang sesuai dengan kemampuan finansial. Bahkan saat ini hanya dengan modal Rp 100.000 saja, Anda sudah bisa berinvestasi lewat layanan investasi online yang berjalan melalui platform perusahaan P2P Lending.

Apalagi dengan banyaknya layanan investasi online yang tersedia di masyarakat, Anda juga perlu dengan cermat memilih perusahaan atau layanan yang aman. Anda bisa melakukan pengecekan lewat situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memilih perusahaan atau lembaga keuangan yang terdaftar agar investasi Anda lebih terjamin.

Jadi, anggapan bahwa investasi harus selalu dimulai dengan modal besar itu merupakan pernyataan yang salah. Saat berada di usia muda adalah merupakan masa-masa produktif sehingga inilah waktu yang tepat untuk mengumpulkan aset.

Bahkan seorang yang sukses yaitu Warren Buffet, memulai investasi di usia yang terbilang masih sangat muda yakni 11 tahun.

Alasan investasi seseorang tentu beragam, dan bagi kaum muda investasi dapat berguna sebagai dana simpanan di masa tua guna menghadapi ketidakpastian nanti di masa depan.

Tentu Anda tidak pernah tahu sampai kapan Anda bisa aktif bekerja dan mengumpulkan uang. Tidak ada jaminan bahwa semua orang mampu bekerja hingga masa pensiun tiba. Salah satu jawaban untuk menghadapi masa tersebut di masa tua adalah dengan berinvestasi. Lalu apa saja alasan investasi sejak usia muda?

1. Keuntungan semakin besar

Semakin cepat memulai suatu investasi maka semakin besar pula keuntungan yang dapat Anda raih. Anda yang memulai investasi saat di usia 20 tahunan tentu memiliki hasil investasi yang berbeda dengan mereka yang berinvestasi di usia 30 tahunan.

Mereka yang berinvestasi di usia produktif ini lebih memiliki banyak waktu untuk belajar dan mengembangkan investasinya. Sehingga ketika terjadi kesalahan sewaktu berinvestasi, mereka masih bisa mengganti instrumen investasi yang mereka miliki sesuai dengan kemampuan mereka serta memiliki banyak waktu untuk belajar kembali.

2. Mendisiplinkan diri sendiri

Usia muda sangat erat kaitannya dengan dunia yang cenderung mengeluarkan banyak dana. Sebagai seseorang yang telah memiliki penghasilan sendiri membuat seseorang sangat mudah mengeluarkan uang untuk hal-hal yang bersifat menghibur diri dan menyenangkan hati.

Barang apa saja yang diinginkan bisa terpenuhi dengan sekejap. Ketika Anda mulai berinvestasi, maka Anda akan terbiasa untuk mengurangi hobi yang menghamburkan uang untuk sekadar bergaya hidup mewah ataupun membeli barang-barang yang tak berguna.

Ketimbang membeli barang branded yang berharga jutaan rupiah, lebih baik uangnya digunakan dan dialokasikan untuk membeli beberapa gram emas, reksadana atau saham. Investasi dasarnya adalah cara sederhana bagi Anda untuk mengeluarkan uang, namun keuntungannya bisa dituai di kemudian hari.

Ketika Anda memutuskan untuk mulai menganggarkan sebesar 20 persen untuk investasi setiap bulannya dari gaji bulanan itu sama saja artinya rasa displin Anda telah tumbuh dalam diri. Perlahan-lahan, Anda semakin pandai mengatur keuangan sendiri.

3. Penyelamat di masa depan

Berinvestasi di usia muda memberikan Anda jaminan di masa depan. Dengan berinvestasi, modal yang Anda keluarkan akan terus diputar hingga menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang. Sehingga masa depan Anda bisa dikatakan aman.

Alasan untuk investasi yang satu ini sering menjadi faktor mengapa orang gencar berinvestasi. Ketika seseorang sudah tidak produktif lagi untuk bekerja dan menghasilkan uang, investasi yang tepat bisa menyelamatkan kondisi finansial seseorang.

4. Mewujudkan impian jangka panjang

Berbagai keinginan bisa terwujud ketika Anda memiliki investasi di usia muda. Selain usia tersebut terbilang masa-masa produktif, Anda juga belum perlu untuk memikirkan utang di sana-sini dan juga tanggungan untuk anak-istri. Salah satu alasan investasi tentu membantu nasabah untuk mewujudkan tujuan dan impian di masa mendatang.

Cara Anda mewujudkannya tentu dengan melakukan investasi secara efektif. Di usia muda, Anda akan lebih bebas menggunakan uang untuk hal-hal yang bersifat kebutuhan.

5. Memiliki kebebasan finansial

Berinvestasi di usia muda bisa meningkatkan peluang Anda untuk mencapai dan memiliki kebebasan finansial. Kebebasan finansial adalah fase dimana uang bekerja untuk kita atau passive income. Sehingga kita merasa tenang karena tidak perlu lagi bekerja demi uang, semua orang bisa memiliki kebebasan financial.

Kebebasan financial bisa dicapai dengan cara investasi misalnya dengan memilih reksa dana, mempunyai beberapa saham, properti, dll. Jenis investasi tersebut sanggup untuk menangkal inflasi dan menghasilkan keuntungan lebih besar ketimbang deposito.

Ketika seseorang memiliki penghasilan dalam bentuk investasi maka hasilnya dapat mencukupi berbagai kebutuhan hidup meski dengan gaya hidup yang diinginkan. Kebebasan finansial adalah pilihan hidup. Ketika Anda mampu untuk kontrol pengeluaran terhadap diri sendiri maka kebebasan finansial itu mudah tercapai. (Red)

Sumber : okezone.com

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini