Beranda Politik Yoyon Mundur dari Bursa Calon Ketua DPD Demokrat Banten

Yoyon Mundur dari Bursa Calon Ketua DPD Demokrat Banten

Yoyon Sunjana. (Iyus/bantennews)

SERANG – Ketua DPC Demokrat Kabupaten Pandeglang yang juga calon Ketua DPD Demokrat Banten masa bhakti 2021-2026, Yoyon Sunjana mundur dari bursa calon Ketua DPD Demokrat Banten. Pengunduran dirinya bahkan diumumkan di sela pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) IV Demokrat Banten yang diselenggaralan di Hotel Horison Ultima, Kota Serang, Senin (11/10/2021).

Disampaikan Yoyon, pengunduran dirinya dari bursa calon Ketua DPD Demokrat didasari soliditas partai. Dirinya beserta DPC pendukung juga memutuskan memberikan dukungan penuh kepada Iti Octavia Jayabaya untuk kembali memimpin Demokrat Banten.

“Kami memutuskan, atas dasar pertimbangan soliditas kader Demokrat dengan ini, saya Yoyon Sujana menyatakan memberikan dukungan sepenuhnya kepada Ibu Iti Octavia Jayabaya,” kata Yoyon, dihadapan Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang hadir secara virtual.

Yoyon menjelaskan, awal mula dirinya menjadi calon ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Banten, setelah mendapatkan dukungan dari DPC Demokrat kabupaten/ kota.

“Saya bekerja menggalang dukungan untuk mencalonkan DPD. Alhamdulillah dapat dukungan dari 4 DPC, Kabupaten Pandeglang, Kota Serang, Kabupaten Tangerang dan Kota Cilegon,” ujarnya.

Namun setelah berjalannya waktu, kata Yoyon, dirinya mendapat inspirasi dari Ketum AHY bahwa semangat, sinergitas dan kebersamaan adalah kunci keberhasilan Partai Demokrat.

“Atas itu saya mengajak urung rembuk dengan para pengusung, jika saya dan ketua diakomodir untuk menjadi pengurus DPD oleh ketua terpilih nanti, kenapa harus ada voting, kita musyawarah untuk mufakat,” ucapnya.

Selain itu, Yoyon juga meminta kepada pimpinan sidang Musda dan Ketum AHY untuk mengesahkan Iti Octavia Jayabaya sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Banten periode 2021-2026.

“Kami minta untuk segera menetapkan dan mensahkan secara aklamasi Ibu Iti Octavia Jayabaya sebagai ketua DPD Demokrat Banten terpilih periode 2021-2026,” kata Yoyon.

Yoyon menegaskan bahwa pernyataan itu ia buat bukan dengan paksaan atau intervensi dari pihak lain, sebab yang ia inginkan agar Demokrat di Banten tidak ada perpecahan.

“Demi kebesaran Demokrat dan kemenangan 2024, saya Yoyon dengan berbesar hati demi cinta, saya legowo dan saya merestui Iti Octavia Jayabaya sebagai ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Banten,” ujarnya.

Mendengar penyataan itu, Ketum DPP Partai Demokrat AHY menilai bahwa peristiwa itu adalah pertunjukan demokratis yang elegan dan mengharukan.

“Ini kejadian pertama di  Demokrat, di hari Musda itu sendiri justru ada bersatu dalam semangat yang positif, tentu ini tidak terlepas dari kebesaran hati para calon termasuk teh Iti Octavia,” kata AHY. (Mir/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini