Beranda Ramadan Yayasan Rasamala Hanifa Gelar Santunan Yatim dan Silaturahmi dengan Relawan di Serang

Yayasan Rasamala Hanifa Gelar Santunan Yatim dan Silaturahmi dengan Relawan di Serang

 

SERANG – Yayasan Rasamala Hanifa Jakarta menggelar santunan dan buka puasa bersama anak yatim dan relawan. Kegiatan tersebut berlangsung di Rumah Singgah Fesbuk Banten News (FBN) di Jalan Gelatik, Tegal Padang, Kelurahan Drangong, Kecamatan Taktakan Kota Serang, Rabu (5/5/2021).

Kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian dan rasa berbagi terhadap sesama. “Khusus Ramadhan ini hari terakhir dari awal Jumat pertama kita sudah melakukan kegiatan santunan dan silaturahmi di berbagai tempat, khususnya pesantren Tahfidzul Qur’an,” kata Ketua Yayasan dan salah satu pendiri Rasamala Hanifa, Soraya Elmuna.

Yayasan Rasamala Hanifa mengagendakan secara rutin kegiatan santunan tersebut sejak pekan pertama Ramadhan.

“Kami lakukan setiap pekan. Sebelumnya santunan di ponpes Tahfidzul Qur’an di Karawang, di Bogor, dan kemarin di Kaujon Kota Serang,” ujar Soraya.

Sebelum memberikan santunan di Kota Serang, Yayasan Rasamala Hanifa juga menggelar kegiatan yang sama, Selasa (4/5/2021) di Picung, Pandeglang maupun kegiatan di Bekasi. “Minimal 50 yatim dan santri serta duafa. Seperti di Bekasi kami juga libatkan ojek pangkalan,” jelasnya.

Aksi filantropi tersebut, menurutnya sudah berlangsung sejak tiga tahun. “Tidak hanya di bulan Ramadhan. Kami lakukan santunan tiap Jumat pasti ada santunan dan kunjungan pesantren yatim dan duafa,” jelasnya.

Sekilas mengenai yayasan ini sendiri, Soraya menceritakan awal terbentuk oleh lima orang perempuan, termasuk dirinya. Dari nama kelima orang tersebut jika digabung menjadi “Rasamala”.

“Rasamala sendiri merupakan salah satu jenis pohon yang tinggi, kuat menahan api dan kokoh. Kami berharap bisa sekuat dan setegar pohon Rasamala itu. Kemudian ‘hanifa’, artinya wanita yang lurus. Selain kokoh kami juga berharap dapat Istiqomah dengan pengabdian kepada masyarakat,” kata Soraya.

Yayasan tersebut juga konsentrasi pada aksi filantropi berupa pengeboran untuk air bersih dan MCK di pesantren-pesantren, khususnya di Banten. Mereka melihat bahwa ketersediaan air bersih dan fasilitas MCK masih kurang di Banten, khususnya wilayah Serang dan Pandeglang.

(You/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini