Beranda Ramadan Sambut Idul Fitri, Warga Kampung Babakan Sukamaju Lebak Gelar Takbir Keliling

Sambut Idul Fitri, Warga Kampung Babakan Sukamaju Lebak Gelar Takbir Keliling

Warga Kampung Babakan Sukamaju saat melaksanakan Takbir Keliling.

LEBAK – Berbagai perayaan dilakukan oleh umat muslim di penghujung bulan suci Ramadan1445 Hijriyah tahun 2024.

Seperti yang dilakukan oleh ratusan warga Kampung Babakan Suka Maju, Desa Banjarsari, Kecamatan Cileles, Kabupaten Lebak, yang melakukan kegiatan takbir keliling, Selasa (9/4/2024).

Kurna, Ketua Pemuda Kampung Babakan Sukamaju mengatakan, kegiatan takbir keliling ini sudah dilaksanakan sejak puluhan tahun lalu, hampir semua warga mengikuti takbir keliling dengan cara berkeliling kampung.

“Ini kegiatan rutin kita dalam menyambut kemenangan untuk kita besama menuju hari yang fitri,” kata Kurna kepada BantenNews.co.id, Selasa (9/4/2024).

Ia mengungkapkan, takbir keliling ini diikuti oleh pemuda, anak-anak serta orang tua dengan cara memukul bedug serta membawa obor mengelilingi kampung.

“Adapun rute yang dilalui yakni Kampung Babakan – Cisero – Mencos – Pasirhuni dan kembali Kampung Babakan,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini masyarakat dapat semakin bersyukur atas kemenangan yang telah didapatkan setelah berpuasa selama satu bulan lamanya.

“Dimomentum Idul Fitri ini kami ingin memperkuat persaudaraan sesama warga dan memulai kembali apa yang akan kita lakukan hingga bertemu Ramadan tahun depan, Insyaallah,” ungkapnya.

Sementara itu, Kohar, salah seorang warga mengungkapkan rasa bahagianya dapat mengikuti acara takbir keliling.

“Senang banget bisa ikut takbir keliling, karena sejak kecil saya sering diajak bapak untuk mengikuti takbiran keliling yang dilakukan oleh hampir semua warga Kampung Babakan Sukamaju,” ucapnya.

Ia menambahkan, dengan adanya acara takbir keliling ini selain untuk memeriahkan hari kemenangan umat Islam, juga sebagai ajang silaturahmi antar warga kampung.

“Semoga kegiatan takbiran keliling ini bisa terus digelar setiap tahun dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri,” katanya. (San/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini