Beranda Pariwisata WH : Pariwisata Bisa Tingkatkan Perekonomian Banten

WH : Pariwisata Bisa Tingkatkan Perekonomian Banten

602
0
Gubernur Banten Wahidin Halim dengan latar belakang lokasi wisata alam 'Negeri di Atas Awan' Citorek. (Ist)

SERANG  – Gubernur Banten Wahidin Halim atau akrab disapa WH meyakini sektor pariwisata khususnya pantai di Banten mampu memulihkan bahkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Banten.

“Pemerintah Provinsi Banten terus membenahi infratruktur jalan menuju kawasan wisata pantai di Provinsi Banten yang memiliki garis pantai sepanjang 509 kilometer,” kata Wahidin Halim dikutip dari kompas.com, Minggu (15/8/2019).

Selama ini, Pantai Anyer Kabupaten Serang dan Pantai Carita Kabupaten Pandeglang menjadi destinasi unggulan.

Beberapa pantai di Banten pun sedang digarap untuk menjadi unggulan, seperti Pantai Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang dan Pantai Sawarna, di Bayah Kabupaten Lebak.

Sebanyak 55 pulau kecil yang tersebar di sepanjang garis pantai ini turut memperkuat potensi wisata pantai Provinsi Banten.

Meski sempat terdampak tsunami pada 22 Desember 2018, Gubernur Wahidin Halim berupaya langsung tancap gas membangkitkan pariwisata bahari Banten.

Hal ini terlihat pada Peringatan Hari Buruh atau May Day 2019 tingkat Provinsi Banten yang dilangsungkan di kawasan wisata Pantai Anyer dan Carita Banten.

Ini terjadi karena Wahidin Halim meminta Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Al Hamidi merayakan May Day di sana.

Hasilnya perlahan dan pasti pariwisata pantai Banten kembali bangkit. Hal ini terlihat pada libur Hari Raya Idul Fitri 1440 H Tahun 2019 lalu.

Saat itu, kawasan wisata Pantai Anyer dan Pantai Carita ramai dikunjungi wisatawan. Jalanan menuju kawasan wisata pantai dipadati kendaraan para wisatawan.

Untuk meningkatkan pariwisata bahari di Banten, Pemprov Banten sedang melakukan peningkatan dan penataan ruas di jalur pesisir pantai utara Provinsi Banten, di jalan Mauk-Teluk Naga Kabupaten Tangerang.

Di jalur pesisir pantai utara, Pemprov Banten juga menargetkan merehabilitasi ruas jalan Pontang di Kabupaten Serang-Mauk Kabupaten Tangerang. Termasuk pula pelebaran jembatan.

Adapun di pesisir pantai selatan Provinsi Banten, saat ini sedang dilakukan peningkatan dan penataan ruas jalan Bayah-Cikotok Kabupaten Lebak, Jalan Ciseuket-Sobang-Tela Kabupaten Pandeglang, serta pembangunan ruas jalan Tanjung Lesung-Sumur Kabupaten Pandeglang.

Di jalur tengah, Pemprov Banten sedang membangun ruas jalan Cipanas – Warung Banten Kabupaten Lebak.

Tahun ini Pemprov Banten juga targetkan penataan dan peningkatan ruas jalan Ciomas Kabupaten Serang-Mandalawangi-Caringin Kabupaten Pandeglang.

Kemudian Rruas jalan Taktakan-Gunungsari sebagai satu jalur alternatif menuju kawasan Anyer juga sedang dibenahi.

Tak hanya itu, di Banten saat ini sedang berlangsung proyek strategis nasional (PSN), yakni Pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang.

Jalan tol ini tersambung langsung dengan Jalan Tol Tangerang-Merak di wilayah Ciruas Kabupaten Serang. Jalan tol ini pun menjadi salah satu akses ke wilayah selatan Provinsi Banten.

Terkait pembangunan jalan tersebut, Gubernur Wahidin Halim mendukung hal tersebut. Sebab, perkembangan pariwisata tergantung infrastruktur.

“Kalau jalan bagus, bagus juga pariwisatanya,” tegas dia.

(Red)