Beranda Pemerintahan WH Minta Banten Lama Segera Dibuka

WH Minta Banten Lama Segera Dibuka

Gubernur Banten Wahidin Halim - foto istimewa Humas Pemprov Banten

SERANG – Gubernur Banten Wahidin Halim meminta pihak pelaksana dan juga Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman Provinsi Banten untuk segera menyelesaikan revitalisasi kawasan wisata Banten Lama dan segera dibuka untuk masyarakat umum.

“Hasil rapat semalam Pak Gubernur dengan Pak Wakil Gubernur meminta agar Banten Lama segera dibuka untuk umum karena selama ini kan masyarakat belum bisa ke sana karena masih ada pekerjaan,” kata Sekretaris Daerah Banten, Ino S Rawita di Serang, Jumat (1/2/2019).

Dikatakannya, kondisi saat ini setelah sebagian direvitalisasi di kawasan Banten Lama sangat berbeda dengan sebelumnya, apalagi dalam kondisi malam hari sangat indah dan nyaman. Namun demikian, masih ada pekerjaan di beberapa titik yang masih sedang berlangsung dan diharapkan bisa segera diselesaikan.

“Misalnya kanal itu kan belum beres, sebab nantinya kan nyambung sampai ke laut. Sekarang kan kondisinya terputus kanal itu, nah nanti akan disambungkan lagi ke laut seperti sebelumnya dulu,” kata Ino dilansir beritasatu.com.

Sebelumnya Gubernur Banten Wahidin Halim secara langsung memimpin rapat bersama seluruh kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten membahas Revitalisasi Kawasan Banten Lama di halaman masjid Banten Lama, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Kamis (31/1/2019) malam.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Banten memerintahkan untuk segera membuka Kawasan Banten Lama yang telah selesai direvitalisasi. Sekalipun masih ada beberapa bagian yang tengah dirapikan ataupun tengah dalam tahap penyelesaian dapat dilakukan bersamaan dengan dibukanya Kawasan Banten Lama.

“Segeralah dibuka, jangan lagi dipasang pembatas. Masyarakat itu sudah antusias, ingin selfie, foto-foto. Mereka penasaran ingin lihat perbedaan Banten Lama ini. Kan, kita sudah sebar berita seantero negeri, bahkan sampai luar negeri,” kata Wahidin.

Wahidin menilai revitalisasi Kawasan Banten Lama membuka kembali gairah wisata religi yang ada di Provinsi Banten.

“Banyak orang dari mana-mana sudah sangat penasaran dengan Banten Lama. Bahkan ada yang dari Riau, ke sini cuma mau lihat wajah baru Kawasan Banten Lama. Banyak masyarakat berbondong-bondong datang untuk melihat. Tapi mereka kecewa karena belum dibuka. Jadi segeralah dibuka,” katanya.

Selanjutnya Gubernur menyampaikan bahwa ke depan daerah sekitar kawasan Banten Lama akan ditata rapi layaknya kota Madinah di Arab Saudi. Selain itu Gubernur juga mengarahkan supaya area ziarah untuk dilebarkan lagi aksesnya, guna mempermudah aktivitas ziarah yang dilakukan oleh masyarakat.

“Nanti bisa kita pasang speaker di sudut-sudut, kita mainkan lagu salawat supaya suasana serta nuansa keagamaan lebih terasa,” kata dia.

Sementara itu Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengatakan, setelah selesai semua revitalisasi, pemeliharaan adalah fokus selanjutnya. Selain itu pihaknya juga akan memfokuskan untuk memperhatikan para pedagang kaki lima yang sebelumnya direlokasi, guna mata pencarian yang selama ini mereka dapatkan dari para pengunjung kawasan Banten Lama agar bisa kembali berjalan. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini