Beranda Kesehatan Waspadalah! Ini 10 Penyakit yang Intai Generasi Milenial Masa Kini

Waspadalah! Ini 10 Penyakit yang Intai Generasi Milenial Masa Kini

Ilustrasi - foto istimewa alodoktor.com

Di era saat ini generasi milenial sering kali dituntut untuk produktif, kreatif, bahkan melek terhadap teknologi masa kini. Kaum milenial saat ini juga suka terhadap hal-hal baru, seperti pengalaman, mencoba makanan, dan sebagainya.

Namun, dibalik itu semua ada beberapa penyakit yang bisa mengintai para generasi milenial ini, mulai dari hipertensi hingga gangguan kejiwaan seperti depresi.

Berdasarkan hasil studi dari Blue Cross Blue Shield (BCBS), milenial saat ini lebih mudah terserang penyakit dibandingkan generasi sebelumnya.

Menurut studi tersebut juga menemukan bahwa generasi milenial mulai mengalami penurunan kesehatan di usia 27 tahun. Berikut ini 10 penyakit yang bisa mengancam kaum milenial yang dikutip dari detik.com.

1. Depresi

Berdasarkan studi yang dilakukan pada generasi milenial di Amerika Serikat (AS), menunjukkan depresi menjadi masalah kesehatan utama pada generasi milenial. Ini bisa terlihat dari ramainya pengakuan diri kaum milenial tentang gangguan jiwa ini. Masalah yang menyebabkannya bisa karena pekerjaan, asmara, keuangan, gaya hidup, bahkan keluarga bisa membuat depresi semakin meningkat.

2. Penggunaan narkoba

Penggunaan narkoba di kalangan milenial juga meningkat. Rasa ingin tahu yang besar membuat generasi milenial terdorong untuk mencoba hal baru, termasuk narkotika atau narkoba ini. Efek narkoba pada tubuh sendiri bisa merusak saraf, otak, menyebabkan halusinasi, hingga kematian.

3. Konsumsi alkohol

Tidak jarang banyak kasus kalangan milenial di usia sekolah pun sudah mencoba minuman beralkohol. Para generasi milenial sering menjadikan alkohol sebagai pelepas stres yang sedang dihadapinya. Terlalu sering mengkonsumsinya, bisa menyebabkan adiksi atau kecanduan yang harus dipenuhi.

4. Hipertensi

Hipertensi atau darah tinggi juga mengintai kesehatan para milenial. Biasanya ini disebabkan karena pola hidup yang kurang sehat dan bisa menyebabkan resiko penyakit jantung hingga stroke.

5. Hiperaktif

Kebanyakan generasi milenial sering bergerak terlalu aktif hingga tidak memiliki waktu yang banyak untuk istirahat. Akibat kesibukannya, bisa membuat mereka rentan mengalami kelelahan bahkan depresi.

6. Kondisi psikotik

Kondisi ini menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan untuk membedakan kenyataan dan imajinasi. Gejala yang ditunjukkan seperti mengalami delusi atau waham, halusinasi, dan berperilaku aneh.

7. Penyakit Crohn

Penyakit chorn ini adalah penyakit radang usus (IBD) yang dapat mempengaruhi setiap bagian dari saluran pencernaan, dari mulut hingga anus. Kondisi ini lebih sering terjadi pada bagian akhir usus kecil (ileum) atau usus besar.

Hal ini bisa disebabkan karena gaya atau pola hidup yang tidak sehat hingga berdampak buruk pada kesehatan organ pencernaan. Bahkan hal ini sering diabaikan sampai kondisinya kronis.

8. Kolesterol tinggi

Banyaknya kalangan milenial yang hobi rebahan, pola makan tidak sehat, bahkan jarang olahraga membuat kolesterol dapat menumpuk di dalam darah. Akibatnya bisa terserang penyakit jantung dan stroke meskipun di usia muda.

9. Penyakit akibat rokok

Penggunaan rokok di kalangan milenial memang semakin meningkat, terutama sejak hadir vape atau rokok elektrik. Tapi perlu diketahui, rokok jenis apapun bisa menjadi faktor resiko dari banyak penyakit kronis.

10. Diabetes tipe 2

Gaya hidup yang tidak sehat seperti mencoba makanan dan minuman kekinian, bisa menyebabkan generasi milenial saat ini rentan mengalami penyakit diabetes tipe 2. Ini disebabkan karena kelebihan mengkonsumsi gula, garam, dan lemak.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini