Beranda Kesehatan Waspadai Masalah Kesehatan yang Terjadi Saat Mudik

Waspadai Masalah Kesehatan yang Terjadi Saat Mudik

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang membuka posko pelayanan kesehatan di jalur mudik - foto istimewa

Kegiatan mudik menjadi hal identik yang dilakukan saat menjelang hari raya Idulfitri. Mayoritas orang menantikan momen ini untuk berkumpul bersama keluarga. Meski begitu, kadang kegiatan mudik yang melelahkan bisa menyebabkan masalah kesehatan di perjalanan.

Mabuk perjalanan, kelelahan, hingga diare, merupakan masalah kesehatan yang kerap terjadi saat mudik. Oleh karenanya, penting bagi pemudik untuk waspada dan tetap menjaga kesehatan selama di perjalanan.

Dikutip dari berbagai sumber, sebelum mudik, ada beberapa masalah kesehatan yang perlu diketahui agar bisa meminimalisir terjadinya kondisi-kondisi yang tidak diinginkan.

1. Mabuk perjalanan

Perjalanan mudik sering kali menguras energi dan dapat memicu kelelahan hingga pegal-pegal. Ketika daya tahan menurun, tubuh akan lebih mudah mengalami mabuk perjalanan atau motion sickness. Mabuk perjalanan memiliki gejala pusing, mual, dan muntah selama perjalanan.

Kondisi tersebut juga dapat terjadi karena bercampurnya sinyal yang masuk ke otak oleh mata dan telinga bagian dalam. Ketika berada di dalam kendaraan yang sedang melaju, tubuh berada dalam posisi diam di tempat. Tetapi, mata dan telinga tetap melihat ke sekitar selama perjalanan sehingga menyebabkan mabuk dalam perjalanan.

2. Diare

Salah satu masalah kesehatan lainnya yang ditemukan saat mudik yaitu diare. Penyebabnya bisa terjadi saat asal membeli makanan di perjalanan. Makan sembarangan yang belum tentu bersih penyimpanannya bisa menjadi sumber penularan diare.

Selain itu, diare bisa semakin parah jika tidak mencuci tangan sebelum makan. Maka dari itu, sebaiknya berhati-hatilah saat membeli makanan atau minuman di tempat yang kurang terjaga kebersihannya. Penting untuk memperhatikan kondisi makanan, pastikan bersih dan tidak tidak ada lalat atau debu yang memicu diare.

3. Gangguan pencernaan

Tak hanya mengalami diare, orang yang sedang mudik seringkali mengalami sembelit. Kondisi ini bisa terjadi akibat terlalu lama duduk. Masalah kesehatan yang satu ini bisa teratasi dengan banyak minum air putih dan mengonsumsi makanan tinggi serat. Cara ini akan membantu melunakkan feses yang mengeras akibat sembelit, dengan begitu sistem pencernaan pun akan lancar. Hindari juga kebiasaan menahan buang air kecil dan buang air besar, agar sembelit tidak semakin parah.

4. Flu

Penyakit ini terjadi karena daya tahan tubuh cenderung menurun selama perjalanan mudik, sehingga rentan terserang virus. Untuk mencegah flu saat mudik, sebaiknya dapatkan vaksin flu atau meminum vitamin sebelum berangkat.

Selain itu, pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir untuk mengurangi risiko penularan flu dari benda-benda di sekitar.

5. Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA)

Situasi ramai di perjalanan saat mudik oleh kendaraan, debu, dan polusi bertebaran di mana-mana rentan menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Terlebih jika pemudik menggunakan sepeda motor, maka risikonya pun akan meningkat.

Di samping itu, suasana ramai arus mudik dapat menyebabkan penularan penyakit lewat udara semakin mudah. Jika daya tahan tubuh sedang menurun, kelelahan yang dirasakan selama perjalanan juga akan membuat tubuh semakin rentan terkena masalah kesehatan saat mudik.

Itulah yang perlu diketahui terkait masalah kesehatan yang dalat terjadi saat mudik. Selalu terapkan pola hidup sehat dan istirahat yang teratur agar badan menjadi bugar dan kuat saat mudik. (Red)

 

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini