Beranda Gaya Hidup Waspada Bahaya Menahan Buang Air Kecil 

Waspada Bahaya Menahan Buang Air Kecil 

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Saat perjalanan jauh seringkali memaksa untuk menahan buang air kecil (BAK) dikarenakan tidak mudah menemukan toilet. Hal ini tak hanya dialami oleh orang dewasa, tetapi juga anak-anak.

Dikutip dari laman Health Suara.com (jaringan BantenNews.co.id), Pakar urologi dan konsultan Urologi Fungsional, Perempuan dan Neurourologi Prof. Dr. Harrina E. Rahardjo, Sp.U (K), Ph.D. mengingatkan, menahan BAK dapat menyebabkan risiko infeksi saluran kemih (ISK), nyeri pada kandung kemih, atau batu saluran kemih bahkan sampai penurunan fungsi ginjal.

Dokter spesialias urologi di Siloam Hospitals ASRI tersebut juga mengatakan, ISK merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh perempuan.

“Sebanyak 30 persen wanita pernah mengalami setidaknya sekali ISK dan secara global kasus ISK hampir sebanyak 150 juta per tahun,” ujar Prof. Harrina.

Dokter yang juga merupakan Guru Besar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia tersebut menjelaskan, ada beberapa gejala yang perlu diwaspadai untuk ISK, di antaranya ialah nyeri saat buang air kecil, anyang-anyangan atau merasa sering ingin buang air kecil tetapi yang dikeluarkan hanya sedikit-sedikit, warna urine menjadj keruh, dan berbau.

Jika kondisi itu terus berlanjut, bisa jadi saat BAK akan mengeluarkan darah dan demam serta nyeri pinggang. Bila mengalami ciri-ciri tersebut, ia menyarankan agar segera konsultasi ke dokter.

Prof. Harrina juga memberikan tips sederhana yang dapat dengan mudah dilakukan untuk menghindari penyakit-penyakit urologi antara lain cukupi cairan dalam tubuh dengan minum air putih serta kurangi minuman yang mengandung kafein, teh, minuman kemasan, dan soda.

Minum dalam jumlah yang cukup, tidak kurang dan tidak juga berlebihan dengan jenis minuman yang tepat. Selain minuman, jagalah makanan yang untuk dikonsumsi dengan memilih makanan yang tidak terlalu pedas atau terlalu asam karena bisa memicu beser.

Untuk mencegah ISK yang sering pada perempuan, Prof. Harrina juga menganjurkan agar tidak sering menahan kencing, menjaga kebersihan saluran kemih, dan segera berkonsultasi ke dokter apabila dijumpai gejala-gejala infeksi.

“Jika Anda, kerabat, maupun teman di lingkungan Anda memerlukan bantuan dalam mengatasi permasalahan penyakit urologi seperti di atas, Siloam Hospitals ASRI yang memiliki Center of Excellence atau Pusat Unggulan Urologi telah menyediakan layanan tersebut,” tutupnya.

(Red)

 

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini