Beranda Peristiwa Waringinkurung Sabet Gelar Juara Umum MTQ Ke-52 Kabupaten Serang

Waringinkurung Sabet Gelar Juara Umum MTQ Ke-52 Kabupaten Serang

Camat Waringinkurung Warnerry Poetry saat menerima penghargaan raihan Juara Umum MTQ Ke-52 Kabupaten Serang yang digelar pada 28-31 Maret 2022 di Hotel Marbella Anyer. Foto: Diskominfosatik Kabupaten Serang

KAB. SERANG – Kecamatan Waringinkurung menyabet juara umum pada Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Serang ke-52 yang diselenggarakan sejak 28 Maret hingga 31 Maret 2022 di Hotel Marbella Anyer.

Sedangkan untuk juara kedua diraih oleh Kecamatan Kibin dan untuk juara ketiga diperoleh Kecamatan Kramatwatu.

Dalam ajang tahunan tersebut, Kecamatan Waringinkurung berhasil menggeser Kecamatan Tanara yang sebelumnya sebagai juara umum pada MTQ Ke-51 Tahun 2021.

Penetapan juara umum tersebut berdasarkan Keputusan Dewan Hakim Nomor 03/DH-MTQ-52/III/2022 tentang penetapan peringkat Raihan nilai terbaik dan juara umum pada MTQ ke-52 Tingkat Kabupaten Serang.

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang dan berterima kasih kepada panitia penyelenggara yang bisa menyelenggarakan MTQ dengan baik dan aman serta sukses.

“Saya ucapkan selamat. Sedangkan bagi yang belum berhasil tentunya saya berharap jangan berkecil hati, tahun depan supaya bisa merebut posisi pertama,” ujar Pandji pada Kamis (31/3/2022).

Menurut Pandji, hal yang lebih penting dalam kegiatan MTQ ini yakni MTQ bukan sekadar berkompetisi namun untuk membudayakan Al-Qur’an dalam perilaku sehari-hari.

“Kemudian membudayakan isi kandungan Al-Qur’an dalam perilaku dan karakter kita sehari-hari, yang sesuai dengan karakter Alquran, itu yang paling utama,” tambah Pandji.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Panitia MTQ tingkat Kabupaten Serang ke-52 Tahun 2022, Nanang Supriatna. Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada penyelenggara panitia teknis yang sudah melaksanakan tugas dengan baik.

“Terimakasih juga pada semua kafilah dari 29 kecamatan yang memang sungguh luar biasa melakukan pembinaan dengan baik,” kata Nanang.

Adapun untuk yang juara atau yang kalah, menurut Asda I Kabupaten Serang ini hal tersebut adalah hal biasa dalam ajang kompetisi.

“Ada yang juara dan belum itu biasa, intinya bahwa ini adalah bertujuan untuk syiar Islam dan membudayakan Qur’ani di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Itu yang paling penting,” tutur Nanang.

Sementara Camat Waringinkurung, Warnerry Poetry merasa bersyukur atas juara umum yang di raih. “Alhamdulillah sangat senang sekali, ini kebanggan bagi semua masyarakat Waringikurung. Jadi kami memang bersama-sama berusaha untuk memenangkan MTQ ke-52 ini, semua ikut bergerak panitia LPTQ, masyarakat, dan para kafilah,” kata Camat.

Wanita yang akrab disapa Nerry ini sebelumnya pernah menjabat sebagai Pelaksana tugas (Plt) Camat Tanara dan saat itu Kecamatan Tanara berhasil menyabet gelar juara umum di MTQ ke-51.

“Karena mungkin sudah pernah berpengalaman, jadi pengalaman kemarin dibawa juga ke Waringikurung. Pengalaman bagaimana membina para kafilah, berkoordinasi dengan panitia LPTQ, itu pengalaman alhamdulillah langsung dibawa ke Waringikurung, alhamdulillah diaplikasikan kembali di Waringin kurung dan menjadi juara umum,” ucap Nerry.

Berikut daftar 10 kecamatan yang menjadi juara dengan total raihan nilai yang berhasil diperoleh:
1. Waringinkurung 58
2. Kibin 40
3. Kramatwatu 28
4. Tanara 22
5. Carenang 21
6. Cikande 20
7. Tunjung Teja 18
7. Tirtayasa 18
8. Cinangka 16
9. Ciomas 14
10. Baros 13
10. Pontang 13

(Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News