Beranda Peristiwa Resmi Buka MTQ ke-53 Tingkat Kabupaten Serang, Bupati Sebut Al Quran sebagai...

Resmi Buka MTQ ke-53 Tingkat Kabupaten Serang, Bupati Sebut Al Quran sebagai Benteng Diri

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dan Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa berfoto bersama 110 Dewan Hakim saat pembukaan MTQ ke-53 tingkat Kabupaten Serang di Alun-alun Kramatwatu. Foto: Nindia/BantenNews.co.id

KAB. SERANG – Sebanyak 1.856 peserta dari setiap kecamatan mengikuti Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-53 Tingkat Kabupaten Serang. Acara tersebut berlangsung di 12 tempat yang berada di Kecamatan Kramatwatu, Provinsi Banten mulai 21 Februari hingga 24 Februari 2023.

Cabang-cabang yang diperlombakan dalam MTQ tersebut yakni Tilawah, Qiroat, Tahfidz, Tafsir, Syahril, Fahmil, Qiroatul Kutub, Hifdzil Hadits, dan Karya Tulis Ilmiah Quran. Sedangkan untuk 24 golongan yaitu murottal, anak-anak, remaja, dewasa, cacat netra, qiroat mujawwad, Tahfidz 1 Juz, 5 Juz, 10 Juz, 20 Juz, 30 Juz, tafsir bahasa Inggris, qiroatul kutub ula, wustho, ulya, fahmil quran, syahril quran, dan hifdzil hadits 500.

Pelaksanaan perlombaan cabang dan golongan tersebut akan digelar di 12 tempat yang tersebar di Kecamatan Kramatwatu.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan ajang tersebut bukanlah hanya sekadar acara untuk mencari bibit-bibit unggul yang menghasilkan qari dan qariah. Namun melalui MTQ, para peserta dan masyarakat diharapkan dapat mengaji serta mengimplementasikan makna ayat-ayat yang terdapat di Al Quran dalam kehidupan.

“Selain ajang lomba, yang seperti saya sampaikan dalam sambutan saya yaitu yang penting lagi masyarakat Kabupaten Serang bisa membaca Al Quran, memahami dan mengamalkannya,” ujar Tatu kepada wartawan usai membuka gelaran MTQ ke-53 Tingkat Kabupaten Serang di Alun-Alun Kramatwatu, Selasa (21/2/2023).

Menurutnya, dengan menerapkan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari dapat menjadi benteng bagi anak-anak Kabupaten Serang untuk terhindar dari hal negatif di era globalisasi.

“Dengan implementasi Al Quran ini, anak-anak Kabupaten Serang punya karakter yang baik. Ini benteng untuk dirinya dalam segala hal-hal buruk yang bisa mempengaruhi karena bagaimanapun anak-anak kita harus kita jaga untuk estafet pembangunan di Kabupaten Serang,” kata Tatu.

Tatu berharap peserta yang menang dan nantinya mewakili Kabupaten Serang di ajang MTQ tingkat Provinsi Banten juga dapat meraih juara umum. “Mudah-mudahan (Kabupaten Serang-red) bisa jadi juara umum,” ucapnya.

Sementara itu, Asisten Daerah (Asda) I Kabupaten Serang, Nanang Supriatna mengatakan peserta MTQ tingkat Kabupaten Serang berasal dari perwakilan masing-masing 29 kecamatan. Sebelumya para peserta juga sudah mengikuti Seleksi Tilawatil Quran (STQ) di tingkat kecamatan.

“MTQ dilaksanakan dalam rangka mencari bibit-bibit unggul untuk nanti berlomba di ajang tingkat provinsi. Namun yang penting bagaimana ajang MTQ ini bisa mem-booming-kan Al Quran di Kabupaten Serang. Ada semangat untuk mencintai Al Quran dan menggali semua ilmu-ilmu yang dari Al Quran,” kata Nanang.

Ia menyebutkan para peserta yang menang nantinya akan mendapat pelatihan dan pembinaan dari LPTQ Kabupaten Serang. Hal itu dilakukan agar para pemenang bisa semaksimal mungkin untuk bertarung di MTQ tingkat provinsi.

“Yang juara-juaranya akan dilatih, dibina oleh LPTQ Kabupaten Serang dalam rangka ke tingkat provinsi,” ucap Nanang.

Menurut Nanang, pagelaran MTQ juga dinilai membawa keberkahan bagi Kecamatan Kramatwatu selaku tuan rumah. Sebab dalam acara tersebut juga terdapat pameran UMKM serta meningkatkan mobilitas masyarakat setempat.

“Mudah-mudahan dengan MTQ ini juga membawa keberkahan bagi tuan rumah, Kecamatan Kramatwatu, yang tentunya ini akan meningkatkan mobilitas masyarakat dari mulai SD, SMP, SMA dan seluruh majelis taklim untuk bisa mengikuti di cabang-cabang yang kita lombakan,” tutur Nanang. (Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini