Beranda Advertorial Warga Kelurahan Sukalaksana Gotong Royong Geliatkan UMKM

Warga Kelurahan Sukalaksana Gotong Royong Geliatkan UMKM

Armin, Lurah Sukalaksana. (Foto : nindia/bantennews)

SERANG – Warga Kelurahan Sukalaksana, Kecamatan Curug, Kota Serang termasuk sangat kreatif. Banyak warga yang masih aktif untuk mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di tengah kondisi pandemi seperti ini.

Hal ini diungkapkan oleh Lurah Sukalaksana, Armin. Ia mengatakan program pemberdayaan masyarakat yang berada di Sukalaksana berjalan dengan lancar dikarenakan peran dari masyarakat yang saling peduli.

“Di sini alhamdulillah program pemberdayaannya berjalan, seperti program UMKM. Di sini masyarakatnya kreatif, ada yang memproduksi dan kemudian ada yang menjual produk tersebut. Semuanya dilakukan oleh warga sini,” ujarnya pada Bantennews.co.id, Kamis (15/4/2021).

Pria yang pernah menjabat sebagai guru SD ini menyebutkan UMKM yang berada di wilayahnya antara lain peternak puyuh, penjual telur puyuh, pembuatan keripik singkong, keripik pisang, tapai, dan uli.

“Yang paling menonjol di sini keripik pisang dan peternak puyuh lalu penjual telur puyuh,” katanya.

Menurut Armin, biasanya para warga memasarkan hasil produk UMKM tersebut dengan dijual keliling, di swalayan maupun lewat media sosial.

“Seperti ibu-ibu yang memproduksi keripik pisang itu nanti ada yang menjualnya keliling. Untuk usaha telur puyuh biasanya dipasarkan di swalayan ada juga yang memasarkan di media sosial atau COD (Cash on Delivery) dengan pelanggan,” ungkapnya.

Selain saling membantu dalam berwirausaha, masyarakat juga aktif untuk saling peduli untuk menjaga dan memperhatikan lingkungan sekitar lewat aktivitas kerja bakti yang dilakukan setiap bulan.

“Aktivitas gotong royong di Kelurahan Sukalaksana, alhamdulillah gotong royong berjalan kembali yang tadinya sempat mati total. Di Sukalaksana ini ada 4 RW, jadi setiap minggu atau setiap bulan untuk minggu pertama dijadwalkan untuk RT 1 RW 1 dan seterusnya untuk kerja bakti. Meski sudah dijadwalkan secara berkelompok, semua RT dan RW tetap berkumpul untuk saling membantu dan memberikan motivasi,” ujar Armin.

Bagi Armin, kebersihan lingkungan menjadi hal yang penting yang harus dijaga oleh semua warga Sukalaksana. Dalam pelaksanaan kegiatan kerja bakti yang dilakukan setiap bulan saat kondisi pandemi seperti ini, dirinya juga mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) dengan cara memakai masker dan berjaga jarak. (ADV)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini