Beranda Sosial dan Budaya Warga dan Relawan Bangun Majelis Taklim yang Ambruk Akibat Gempa

Warga dan Relawan Bangun Majelis Taklim yang Ambruk Akibat Gempa

Pokja Relawan Banten dan mahasiswa yang tergabung dalam Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kabupaten Pandeglang mengadakan bakti sosial membangun majlis taklim

PANDEGLANG – Bencana alam gempa bumi magnitudo 6,7 yang melanda kawasan Sumur Kabupaten Pandeglang pada 14 Januari 2022 banyak menyebabkan kerusakan. Selain menghancurkan sejumlah rumah warga dan fasilitas umum lainnya, juga berdampak pada bangunan Majlis Taklim Attaqwa di Desa Sukajadi, Kecamatan Cibaliung, Pandeglang, Banten.

Melihat kondisi tersebut, warga setempat bersama Pokja Relawan Banten dan mahasiswa yang tergabung dalam Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kabupaten Pandeglang mengadakan bakti sosial membangun majlis taklim tersebut yang nyaris tak bisa digunakan kembali.

Pembangunan majlis taklim dilaksanakan dalam upaya membantu masyarakat yang
membangun kembali majlis taklim yang diisi 80-100 jamaah.

“Sebelumnya kami ucapkan terima kasih kepada relawan dan mahasiswa yang mau peduli bergerak bersama untuk kembali membangun majlis taklim kami,” kaya tokoh masyarakat setempat, Alik Wahyudi, Sabtu (22/1/2022).

Alik juga menjelaskan, saat ini langkah pertama kita merobohkan majlis taklim keseluruhan, selanjutnya pekan depan akan mulai membuat pondasi.

“Semoga majlis taklim ini segera berdiri dan bisa kembali diisi oleh jamaah. Sehingga mereka dengan nyaman mengikuti kajian,” ujarnya.

Ketua Pokja Relawan Banten, Lulu Jamaludin mengatakan, dia bersama relawan lainnya melakukan aksi ini dalam upaya membantu masyarakat terdampak gempa.

“Kegiatan pembangunan majlis taklim ini dilakukan agar masyarakat terdampak dapat segera kembali melakukan aktivitasnya seperti sedia kala,” ujar Lulu.

Aksi ini tegas dia, bahwa seyogyanya ketika memberikan bantuan berupa bantuan yang bisa dinikmati halayak umum.

“Majlis takli, mushola atau masjid banyak yang rusak,memberikan bantuan sembako bukan langkah tepat,” katanya.

Ketua Umum PC IMM Pandeglang, Sadin Maulana mengatakan pembangunan majlis taklim adalah upaya relawan dan mahasiswa dalam membantu masyarakat terdampak gempa beberapa pekan lalu.

“Pembangunan ini dilakukan secara gotong royong oleh Masyarakat, Relawan dan Mahasiswa agar fasilitas umum seperti majlis taklim ini bisa digunakan kembali,” Sabtu (22/1/2022).

Majlis taklim yang biasa digunakan oleh 80-100 jemaah di desa tersebut nyaris tak layak digunakan akibat gempa selat sunda kemarin.

“Majlis Taklim yang sering digunakan puluhan warga di desa ini nyaris sudah tak layak untuk dipergunakan akibat gempa. Semoga dengan dibangunnya kembali Majlis Taklim ini dapat membantu masyarakat setempat dan membuat jemaah lebih giat lagi dalam melakukan pengajian agamanya,” ujar Sadin Maulana. (Red)