Beranda Nasional Wapres Ancam Reshuffle Menteri yang Sibuk Kampanye

Wapres Ancam Reshuffle Menteri yang Sibuk Kampanye

Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma'ruf Amin

SERANG – Para menteri Kabinet Indonesia Maju, khususnya yang ikut Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilu 2024, diperingatkan oleh Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin. Ia meminta mereka agar fokus dengan tugasnya ketimbang berkampanye.

Dirinya dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun tidak akan ragu melakukan reshuffle bagi para menteri yang lalai dalam menjalankan tugasnya. Untuk itu, ia mengimbau agar jajaran tersebut bisa lebih fokus dengan jabatan dan posisinya saat ini.

“Jangan sampai mereka (para menteri) mengabaikan tugasnya dan Presiden sudah mengatakan agar menteri tidak mengabaikan tugasnya. Karena kalau tidak menjalankan tugasnya dengan baik, akan di-reshuffle,” kata Ma’ruf Amin di Nusa Dua, Bali, Rabu (23/5/2023).

Ma’ruf Amin pun mengingatkan agar media berita bisa memberikan edukasi terhadap masyarakat. Dengan begitu, mereka tidak terprovokasi oleh hoax selama tahun politik ini. Ia juga meminta publik mencari tahu kebenaran setiap informasi yang diperoleh dari media sosial.

Sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju memang tengah membagi waktunya untuk tugas negara sekaligus mempersiapkan Pilpres dan Pemilu. Misalnya saja, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang bakal maju sebagai capres 2024 dari Partai Gerindra.

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pun disebut-sebut akan mengikuti kompetisi politik Pilpres 2024. Lalu, ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Menteri BUMN Erick Thohir yang juga direncanakan maju sebagai cawapres.

Sementara beberapa yang lainnya mendaftar sebagai calon legislatif atau caleg pada Pemilu 2024. Diantaranya, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan untuk daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah. Lalu, ada Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah yang dari dapil Jakarta II.

Tak ketinggalan, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar yang turut maju sebagai bakal caleg dari dapil Jawa Timur. Lalu, Menkumham Yasonna Laoly dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo juga masuk dalam daftar tersebut.

Sementara untuk wakil menteri yang bakal maju nyaleg dalam Pemilu 2024, tercatat ada tiga nama. Mereka adalah Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor, Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid, serta Wamenparekraf Angela Tanoesodibjo.

Agenda Reshuffle
Sebelumnya, sempat beredar kabar bahwa Presiden Jokowi akan segera melakukan reshuffle. Tepatnya usai Menkominfo nonaktif Johnny G Plate ditahan Kejaksaan Agung (Kejagung) karena terlibat kasus korupsi proyek BTS dengan kerugian Rp8,03 triliun.

Menko Polhukam Mahfud MD pun ditunjuk sebagai Plt Menkominfo. Ia sempat bertanya kepada Jokowi terkait masa kerjanya di sana. Namun, sang presiden, katanya, belum bisa memastikan kapan Plate akan diganti secara resmi. Dengan begitu, waktu reshuffle pun masih belum pasti.

(Red/suara.com)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News