Beranda Nasional Wapres Ajak Nahdlatul Ulama Ikut Tanggulangi Covid-19

Wapres Ajak Nahdlatul Ulama Ikut Tanggulangi Covid-19

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin - foto istimewa

SERANG – Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Ma’ruf Amin mengajak Nahdlatul Ulama (NU) ikut menanggulangi Covid-19. kita semua punya tugas dan kewajiban menanggulangi wabah Corona.

“Alhamdulillah, saya bisa mengikuti Pembacaan Shalawat Nariyah dan Tahlil untuk Keselamatan Bangsa dari Wabah yang diselenggarakan Nahdlatul Ulama secara virtual,” ujar Wapres dikutip melalui media sosial resminya, Minggu (1/8/2021).

Dalam acara tersebut pihaknya menyampaikan bahwa semua punya tugas dan kewajiban menanggulangi Covid-19. Karena tugas ini bukan hanya bagian dari masuliyah wathaniyah (tanggung jawab kebangsaan), tapi juga masuliyah diniyyah (tanggung jawab keagamaan) yang merupakan masuliyah nahdiyah (tanggung jawab ke-NU-an).

Ini bagian dari pada hubbul Wathan minal iman. Dan, semua ini telah diajarkan oleh Salafuna Shalih, Hadratus Syekh KH. Hasyim Asy’ari ketika negara terancam, ketika penjajah mau datang, dengan sesegera mungkin melakukan langkah strategi membuat fatwa jihad yang dilanjutkan oleh pengurus besar dengan dikeluarkannya resolusi jihad.

Resolusi jihad adalah pelajaran penting. Bukti yang pernah dilakukan saat itu. Menanggulangi Covid-19 itu termasuk bagian dari Hifdzu an-nafs (menjaga jiwa) dan merupakan salah satu daripada maqasid asy-syariah.

Selain soal Covid-19, saat ini Indonesia juga menghadapi tantangan lain, seperti tantangan ekonomi dan hantaman informasi yang begitu besar yang kerap menyebabkan kesamaran antara informasi yang benar dan salah serta berpotensi menimbulkan perpecahan di masyarakat.

“Karena itu, diperlukan peran aktif seluruh lapisan masyarakat, termasuk para ulama, untuk menjaga keselamatan negara dan rakyat Indonesia dari bahaya isu-isu yang tidak bertanggung jawab. Menjaga diri dari Covid-19 dan juga mencegah penyebaran berita hoax yang bisa memecah belah bangsa adalah tugas kita semua. Semoga ikhtiar lahiriyah dan ikhtiar batiniyyah (doa) yang kita lakukan bisa mempercepat mengatasi wabah Covid-19 dan kita bisa beraktivitas normal kembali dalam membangun bangsa,” ucapnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini