Beranda Advertorial Walikota Serang Raih Gelar Doktor Pendidikan Pascasarjana Untirta

Walikota Serang Raih Gelar Doktor Pendidikan Pascasarjana Untirta

Walikota Serang Syafrudin.
Walikota Serang Syafrudin.

SERANG – Walikota Serang Syafrudin menjalani sidang terbuka (promosi) program doktor pendidikan pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Syafrudin menjalani sidang terbuka dengan disertasi berjudul Pengaruh Kompetensi Manajerial, Kepemimpinan Kewirausahaan Kepala Sekolah dan Kecerdasan Interpersonal terhadap Produktivitas Sekolah Dasar se-Kota Serang.

Sebagai promovendus, Syafrudin diuji oleh penguji utama Prof Fatah Sulaiman, Prof Sadeli Hanafi, Prof Yayat Ruhiat, Prof Suherman, Direktur Pascasarjana Untirta Dr. Aan Asphianto dan penguji eksternal Prof Ikawarna guru besar Universitas Jambi. Sebagai promotor Prof Sudadio dan co promotor Prof Soleh Hidayat.

Sidang terbuka juga dihadiri Ketua DPD Partai Nasdem Edi Ariadi, Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin, serta pimpinan dan anggota DPRD Kota Serang dan para kepala OPD.

Di hadapan para penguji, Syafrudin mempresentasikan hasil penelitiannya bahwa terdapat pengaruh signifikan kompetensi dan kepemimpinan kewirausahaan seorang kepala sekolah di tingkat sekolah dasar di Kota Serang.

“Kompetensi kepala sekolah sangat penting dalam menentukan mutu pendidikan. Maju mundurnya daerah sangat berkaitan erat dengan kualitas pendidikan masyarakat dan kualitas pendidikan penyelenggara pemerintah. Maka dari itu kompetensi kepala sekolah sangat penting dalam memajukan daerah,” kata Syafrudin, Selasa (14/3/2023).

Kualifikasi kepala sekolah, menurut Syafrudin sangat penting untuk menjadi dasar penempatan tugas untuk memajukan pendidikan dan jiwa kewirausahaan bagi generasi di Kota Serang. Oleh karena itu penelitian jenjang doktoral tersebut ia berharap, dapat menjadi pertimbangan jenjang karir guru menjadi kepala sekolah di Kota Serang.

Promotor disertasi Prof Sudadio mengapresiasi kegigihan Walikota Serang Syafrudin untuk menyelesaikan studi doktoral di Untirta dengan masa relatif singkat. “Saudara promovendus layak diuji terbuka untuk promosi doktor yang pertama di program pascasarjana dengan masa studi 33 bulan atau 5 semester 3 bulan. Ini tercepat dari 7 semester untuk kurikulum doktor.

“Disertasi yang ditulis promovendus memiliki kebaruan atau novelty tentang kepemimpinan kewirausahaan. Novelty (kebaruan) ini memiliki nilai strategis dalam pengelolaan sekolah serta dapat menciptakan kegiatan pendidikan sekolah dasar yang menumbuhkan mental interpreneurship bagi lulusan siswa sekolah dasar sejak dini yang berani mandiri, kreatif dan jujur,” ujar Sudadio.

Direktur Pascasarjana Untirta Aan Asphianto Aan Asphianto berharap, temuan penelitian Walikota Serang Syafrudin dapat diterapkan di Kota Serang. “Semoga bisa diterapkan dalam penempatan kepala sekolah bukan saja hanya di atas kertas sebagai penelitian belaka, saya juga ingin mengimbau dalam penempatan kepala sekolah, mutasi, rotasi, promosi mungkin juga demosi tanpa emosi dan kolusi,” kata Aan disambut tawa dan tepuk tangan hadirin. (Adv)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ