Beranda Pemerintahan Walikota Minta OPD Kota Serang Melek Media

Walikota Minta OPD Kota Serang Melek Media

Walikota Serang Syafrudin. (Ade/bantennews)

 

SERANG – Walikota Serang Syafrudin meminta seluruh OPD di Pemkot Serang untuk melek media. Menurutnya, OPD harus proaktif mempublikasikan kegiatanya melalui media. Karena publikasi kepada pers merupakan salah bentuk tanggung jawab OPD dalam menggunakan uang rakyat.

Hal itu disampaikan Walikota Serang Syafrudin saat menjadi pembina upacara Hari Kesadaran Nasional di halamanan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang, Jumat (17/1/2020).

Orang nomor satu di Kota Serang itu geram, lantaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) belum optimal dalam memberi layanan informasi kepada masyarakat.

“Mempublikasikan kegiatan kita itu penting karena bagaimanapun juga Pemerintah Kota Serang ini, dari jajaran kepala OPD sampai ke bawah kita menggunakan anggaran APBD, anggaran APBD ini berasal dari masyarakat,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa masyarakat harus tahu tentang apa yang dilakukan setiap OPD di lingkungan Pemerintah Kota Serang.

“Biar bagaimanapun masyarakat harus tahu apa sih yang dikerjakan kita setiap hari, apa yang dikerjakan kepala kelurahan, apa yang dikerjakan oleh camat se-kota serang ini, jangan hanya publikasikan di grup WA, harus ke masyarakat,”ujarnya

Pria yang akrab disapa kang Syaf inipun memberi contoh kepada OPD agar setiap kegiatan dapat diketahui oleh masyarakat kota serang.

” Misalkan kelurahan margaluyu hari ini sedang kerja bakti gotong royong membersihkan solokan, kemudian kelurahan yang lain hari ini rapat dengan RT RW, kelurahan ini sedang membangun sarana jalan dari kotaku biar masyarakat tahu kalau kita ini kerja ya kita publish,” ujarnya.

” Ini dari masing-masing OPD, kecamatan dan kelurahan harus punya akun sendiri biar masyarakat tahu kita kerja untuk kepentingan masyarakat bukan kepentingan pribadi,” ucapnya.

Kegeraman syafrudin pun berlanjut ketika ia memberi teguran terhadap pemasangan lambang negara serta foto kepala negara dan kepala daerah.

“Pemasangan foto kepala daerah di ruangan masing-masing, dari tingkat kelurahan saja kadang salah, di tatanan itu saja tidak mengerti. Di ruang lurah itu ada foto kepala daerah, wakil dan wali kemudian di atasnya itu foto presiden dan wakil, itu harus tahu dimana posisi walikota dimana posisi wakil walikota, dimana posisi foto presiden dan wakil presiden dan ditengah-tengahnya itu ada garuda,” ujarnya.

“Kita ini diprotes dari insan pers dan masyarakat, foto pemasangan kepala daerah aja salah, jendel,” lanjutnya.

Di akhir sambutannya pun, syafrudin memberi pesan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Serang agar benar dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Coba kita ini ASN rata-rata sarjana hanya pemasangan foto itu saja kadang ada yang salah. Kalau belum ada (foto-red) segera beli, segera cari. Biar kita dalam menjalankan roda pemerintahan dari hal yang kecil sudah benar,” ujarnya.(Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini