Beranda Advertorial Walikota Cilegon Lepas 1.800 Pemudik Gratis Menuju Pulau Jawa dan Sumatera   

Walikota Cilegon Lepas 1.800 Pemudik Gratis Menuju Pulau Jawa dan Sumatera   

Walikota Cilegon, Helldy Agustian telah secara resmi melepas keberangkatan 1.800 pemudik melalui program Mudik Gratis Penuh Berkah Tahun 2024.

CILEGON – Dalam upaya untuk mewujudkan mudik yang aman dan nyaman bagi warga, Walikota Cilegon, Helldy Agustian telah secara resmi melepas keberangkatan 1.800 pemudik melalui program Mudik Gratis Penuh Berkah Tahun 2024.

Acara pelepasan yang berlangsung di halaman Kantor Wali Kota Cilegon pada Jumat (5/4/2024) tersebut, menandai komitmen kuat Pemerintah Kota Cilegon dalam mendukung tradisi lebaran dengan memfasilitasi perjalanan pulang kampung bagi masyarakat.

“Sebanyak 36 bus dipersiapkan untuk mengantar pemudik menuju destinasi mereka, mulai dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Sumatera. Program ini bukan semata-mata inisiatif pemudik gratis, melainkan juga sebagai langkah strategis untuk mengurangi penggunaan sepeda motor sebagai moda transportasi mudik, dengan harapan dapat menekan angka kecelakaan dan meredakan kemacetan di jalur-jalur utama,” ujar Helldy.

Pendaftaran untuk program mudik gratis ini telah dilakukan sebelumnya pada tanggal 30 dan 31 Maret 2024, dan antusiasme masyarakat sangat terlihat dengan habisnya kuota dalam waktu singkat. Ini mencerminkan betapa pentingnya program ini bagi masyarakat untuk bisa berkumpul bersama keluarga di hari raya.

Wali Kota Helldy Agustian menekankan bahwa program Mudik Gratis Penuh Berkah Pemerintah Kota Cilegon tidak hanya menawarkan tiket gratis, namun juga menyediakan fasilitas tambahan seperti kaos, snack, dan uang saku untuk para peserta. “Program ini tidak membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), melainkan didukung oleh sektor industri dan perbankan Kota Cilegon,” tambah Helldy.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Kota Cilegon, Heri Suheri, berharap agar program ini dapat berkelanjutan di masa mendatang. Dia juga mengingatkan para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi untuk memeriksa kendaraan mereka sebelum berangkat, demi keamanan perjalanan yang lebih terjamin.

Respons positif juga datang dari masyarakat, seperti yang disampaikan oleh Milasari, seorang warga Cibeber yang merasa terbantu dengan adanya program ini. Menurutnya, ini adalah pengalaman pertamanya menggunakan program mudik gratis dari Pemerintah Kota Cilegon, dan dia berharap program serupa dapat tersedia juga di tahun-tahun mendatang.

Dengan demikian, program Mudik Gratis Penuh Berkah Tahun 2024 tidak hanya menjadi solusi praktis bagi masyarakat untuk pulang kampung, tetapi juga menjadi contoh nyata kolaborasi antara pemerintah, industri, dan masyarakat dalam menciptakan kondisi transportasi yang lebih aman dan terjangkau untuk semua.

(adv)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini