Beranda Advertorial Bantu Transportasi Pelajar, Pemkab Serang Sediakan Bus Antar Jemput Gratis

Bantu Transportasi Pelajar, Pemkab Serang Sediakan Bus Antar Jemput Gratis

Angkutan gratis Dinas Perhubungan Kabupaten Serang untuk mengantar siswa pergi menuju sekolah. (Ist)

SERANG – Fajar menyingsing sebuah tanda hari mulai beranjak. Pada saat itu pula, suara gemuruh kendaraan roda empat dinyalakan tepat di garasi sebuah kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Serang.

Waktu bukan menjadi penghalang bagi niatan mulia para sopir untuk melaksanakan tugasnya mengantarkan anak-anak pergi menuntut ilmu. Satu potong singkong rebus sebagai bekal kasih sayang dari rumah menjadi penawar bagi perut para sopir yang belum terisi.

Diawali kata “bismillah”, pedal armada pun mereka injak menuju trayek dan menyisir anak-anak berseragam biru, putih. Menguap karena kantuk pun mereka lawan dengan nyanyian dan siulan sebagai penghibur diri.

Tiba di lokasi penjemputan, para sopir disambut dengan senyum sumringah anak-anak dari dusun. Tidak jarang pula, ada orangtua yang menitipkan anaknya kepada sang sopir agar dijaga dengan baik selama dalam perjalanan.

Kebetulan pagi itu hujan turun rintik-rintik, sang sopir membuka pintu mobil dan memberikan imbauan agar anak-anak segera masuk ke dalam mobil. Sesekali sang sopir pun menanyakan keberadaan anak-anak yang belum masuk agar tidak ketinggalan.

“Ayo buruan masuk, jangan sampai kena hujan. Masih ada yang ketinggalan nggak?,” cetus Safa’at salah satu sopir Bus Sekolah Gratis milik Dishub Kabupaten Serang.

“Aman Pak, lake (tidak ada),” timpal seorang murid.

Pada saat itu juga, mobil melaju menuju sekolah. Tiba di sekolah masing-masing siswa, melambaikan tangan sebagai ucapan terima kasih dan perpisahan sementara selalu ditunjukkan oleh anak-anak.

Kabid Angkutan Jalan Dishub Kabupaten Serang Agus Herlambang mengatakan, operasional penyelenggaraan Bus Sekolah disiapkan untuk memberikan pelayanan bagi daerah di luar jalur trayek. Sehingga kendaraan sekolah ini bisa membantu masyarakat yang belum terjangkau angkutan umum dapat bersekolah.

Untuk memastikan kinerja para sopir, pihaknya memantau langsung pergerakan laju mobil dengan teknologi Google My Maps (GPS). Selain itu, para sopir dilarang melajukan kendaraan di atas 60 kilometer perjam. Hal itu dilakukan untuk memastikan keselamatan anak-anak.

“Itu yang belum ada fasilitas kendaraan umum, sementara kader-kader generasi bangsa Kabupaten cukup banyak jadi harus kami layani,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (5/2/2020).

Menurutnya, kendaraan yang tersedia saat ini baru enam mobil Bus Sekolah dengan lintasan dibagi tiga lintasan trayek. Pada saat ini, Dishub masih fokus pada daerah pelosok yang belum terjamah oleh kendaraan angkutan umum.

“Saat ini kami memiliki 6 armada. Operasinya kami bagi 3 lintasan, Tanara-Jungking, Gunung Sari-Mancak dan Pamarayan-Kibin,” terangnya.

Untuk memberikan yang maksimal, pihaknya mengaku sedang mengupayakan penambahan jumlah armada. Tujuannya, agar daerah lain bisa tersentuh pelayanan Bus Sekolah gratis. Mengingat, kondisi wilayah Kabupaten Serang yang luas.

Di sisi lain, program ini dilaksanakan sebagai komitmen Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dalam memberikan fasilitas terhadap generasi Kabupaten Serang. Supaya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dapat meningkat.

“Inikan perintis, harapannya mudah-mudahan ada pengusaha angkutan umum yang melirik. Jadi mereka masuk dengan trayek yang sudah kami siapkan,” tukasnya. (Advertorial)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini