Beranda Pemerintahan Walikota Bakal Rombak Jabatan Eselon II Pemkot Serang

Walikota Bakal Rombak Jabatan Eselon II Pemkot Serang

2011
0
Walikota Serang Syafrudin - foto istimewa

SERANG – Tahun ini Walikota Serang Syafrudin bakal merombak jabatan eselon II di lingkungan Pemerintah Kota Serang. Ia mengatakan, pergantian pejabat Eselon II merupakan hal yang wajar, karena pensiunnya pejabat.

“Kan memang harus ada regenerasi, memberikan kesempatan bagi ASN lainnya untuk berkarir ke jenjang yang lebih tinggi. Itu hal yang biasa dan lumrah,” ucapnya, Jumat (8/1/2021).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Serang, Ritadi mengatakan sebanyak 6 jabatan Eselon II di lingkup Pemkot Serang akan mengalami kekosongan, sehingga pada 2021 ini enam jabatan itu bakal diperebutkan.

Menurutnya, tahun ini akan banyak terjadi kekosongan jabatan Eselon II akibat banyaknya pejabat Eselon II yang akan habis masa kerjanya. Kendati demikian, kekosongan tersebut tidak langsung dalam satu waktu.

“Tahun ini memang banyak pejabat Eselon II yang akan pensiun. Ada sekitar 4 pejabat yang pensiun, tapi berbeda-beda waktu pensiunnya. Ada yang di tengah tahun ini, ada yang menjelang akhir tahun,” ucapnya.

Ia menyebutkan, keempat pejabat Eselon II yang akan pensiun tersebut yakni Kepala Disperindagkop UKM Akhmad Zubaidillah, Kepala Disdukcapil Mamat Hambali, Kepala Dinas Pertanian(Distan) Edinata dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ipiyanto.

“Yang paling pertama pensiun itu kalau tidak salah Pak Zubaidillah. Itu di bulan April ini. Lalu ada Pak Edinata dan yang paling akhir itu Pak Ipiyanto,” ucapnya.

Ritadi mengaku telah merencanakan untuk melakukan seleksi terbuka (open bidding) bagi keempat jabatan tersebut. Namun agar efektif, pelaksanaan seleksi dilakukan dalam satu waktu di akhir tahun, sementara tahapannya akan dimulai pada Juni mendatang.

“Jadi dari Juni ini kami akan mulai tahapannya. Sampai nanti di akhir tahun, seluruh jabatan kosong sudah diisi. Nah untuk yang sudah pensiun sebelum ada penggantinya, akan diberlakukan Plt. Kepala Dinas,” ucapnya.

Selain empat OPD tersebut, ia juga mengungkapkan, dua jabatan Eselon II pada Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dan Kesbangpol pun akan diisi oleh Plt. Kepala. Sebab, untuk seleksi terbuka dan pelantikannya akan dibarengi dengan empat OPD tersebut. (Dhe/Red)