Beranda Pendidikan Wakili Banten, SMA Hellomotion Tangsel Juara RSCC 2021

Wakili Banten, SMA Hellomotion Tangsel Juara RSCC 2021

Siswa SMA Hellomotion Tangerang Selatan (Tangsel) sukses menjuarai ajang Regional Student Company Competition (RSCC) 2021

TANGSEL – Siswa SMA Hellomotion Tangerang Selatan (Tangsel) sukses menjuarai ajang Regional Student Company Competition (RSCC) 2021 yang dihelat Prestasi Junior Indonesia (PJI). Perusahaan pelajar yang mereka beri nama Semaja ini mampu menarik perhatian para juri melalui presentasi daring.

Mereka masuk ke kompetisi selanjutnya dengan sponsor dari American Insurence Group (AIG) untuk bisa juara di tingkat nasional, kemudian Asia Pacific. Presentasi Semaja yang digawangi
Ghany Fityan (President Director),
Ksatria Gumay (VP Public Relation), Aisyah Amalia (VP Production), IGB Kenzie (VP Marketing), Radya (Sekertaris) dan Salvi (Finance Manager) memaparakan concern mereka pada bisnis eco notebook yang diproduksi dari daur ulang kertas bekas pakai. Produk mereka juga dilengkapi dengan strategy brand ambasador mereka yang dikemas dalam IP character Bintang dan Tora.

Menurut Ksatria Gumay, eco notebook adalah produk yang menjadi solusi dari persoalan lingkungan masa depan yang harus diantisipasi yakni persoalan limbah kertas dan kelestarian alam.

“Bintang dan Tora adalah tokoh kartun yang selalu kami cantumkan dalam cover belakang eco notebook,” ujarnya, Selasa (28/9/2021).

Bintang dan Tora menyampaikan pesan kepedulian lingkungan sebagai bagian dari kampanye dan panduan tutorial pendaurulangan kertas. Dalam kampanye ini perusahaan Semaja melakukan strategy public relation dengan beberapa langkah yakni product education, company socialization, pemanfaatan instagram, donasi, giveaway dan dukungan media lokal cetak, online dan TV.

Selain produk dan relasi publik, penilaian kompetisi juga dilihat dari bagaimana strategy marketting perusahaan. Semaja melakukan strategy marketting melalui instagram ads, bisnis to bisnis, B to G, direct selling dan IP character.

“Untuk bisnis to bisnis Semaja berkolaborasi dengan PT Jamkrida Banten dan Bank Banten untuk ikut memasarkan produk dengan pesan kampanye lingkungan yang disepakati. Strategy B to G Semaja juga menggandeng Bappeda Kota Tangsel untuk membangun kesepakatan pengarusutamaan isu pembangunan berkelanjutan yang sensitif terhadap kelestarian lingkungan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala SMA Hellomotion Bagus Sulastomo mengaku sangat senang sekali dengan capaian para siswa-siswi SMA Hellomotion dalam kompetisi students company yang diadakan oleh PJI. Semaja SMA Hellomotion berhasil masuk dan berhak mewakili SC binaan AIG Life ke tingkat nasional.

“Saya sangat mengapresiasi kerja keras mereka, yang mana mereka harus melakukan weekly meeting setiap Kamis sore, kemudian mendesain produk, lanching produk, jual saham, sampai marketing produk. Benar-benar replika dari sebuah perusahaan,” ujar Bagus.

Bagus mengatakan, menjadi juara adalah hadiah, tetapi pengalaman bagaimana membangun sebuah simulasi perusahaan adalah pengalaman yang tidak semua siswa bisa mendapatkannya. Apalagi ini kemudian dilombakan di tingkat regional Jakarta-Bandung.

Bagus berpendapat, jika melihat students company yang lain, maka Semaja harus berusaha lebih keras lagi ke depannya. Sebab, banyak produk bagus dan hebat dari students company yang dihasilkan di PJI.

“Hal yang unik dari produk Semaja selain kertas daur ulang atau note book, tetapi mereka menyertakan kit DIY-nya membuat kertas daur ulang tersebut, serta ada nilai intelectual property (IP) character si Bintang dan Toranya yang tersematkan di dalam produk mereka. Ini yang sepertinya tidak banyak dipikirkan oleh anak-anak seusia mereka,” jelasnya.

Menurut Bagus, IP character Bintang dan Tora bisa mereka kembangkan ke produk merchandise lainnya seperti halnya IP character Mickey Mouse, Sponge Bob, dan lain sebagainya yang sudah banyak diciptakan oleh Waltz Disney.

“Karakter asli Indonesia masih belum banyak. Kita baru menegenal Sopo Jarwo, Unyil, dan beberapa tokoh yang terkenal di zamannya. Sekarang, Bintang dan Tora ingin ikut meramaikan khasanah dunia kreatif di Indonesia. Saya berharap ke depan dalam menghadapi kompetisi nasional, siswa-siswi Hellomotion yang tergabung di Semaja lebih kompak dan terus berusaha mengembangkan produknya dengan tetap mengangkat IP character Bintang dan Tora,” jelasnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini