Beranda Pemerintahan Wagub Banten Optimis Ekonomi Pulih Pascavaksinasi Covid-19 

Wagub Banten Optimis Ekonomi Pulih Pascavaksinasi Covid-19 

Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumi.

SERANG – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy meyakini kondisi ekonomi di Banten akan pulih pascavaksinasi. Hal itu disampaikan saat Rapat Koordinasi Perkembangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Mikro oleh Kementerian Koordinator Perekonomian secara virtual, Kamis (18/3/2021) silam.

Dalam laporannya kepada Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Andika mengatakan, proses vaksinansi Covid-19 di Provinsi Banten berjalan sesuai rencana, sehingga optimistis perekonomian akan segera pulih.

“Dapat kami laporkan vaksinasi di Provinsi Banten on the track, bahkan untuk tenaga kesehatan sudah melampaui target,” kata Andika dalam rapat yang diikuti oleh sejumlah provinsi lain seperti Jabar, Jateng, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Bali dan Sumatera Utara.

Berikutnya, Kaltim, Kalsel, Kalteng, Sulsel, Sulut, NTT dan NTB. Adapun perwakilan pemerintah pusat, hadir dari Kemenkes, Kemen Industri, Kemendes PDTT, TNI, Polri BNPB dan sejumlah BUMN.

Andika merinci, mereka yang sudah divaksinasi pada tahap kedua ini adalah tenaga kesehatan yaitu suntikan ke 1: 53.144 orang atau 116,63%, dan suntikan ke 2: 41. 875 atau 91,90%. Berikutnya pelayan publik yaitu suntikan ke 1: 121.922 orang dan suntikan ke 2: 33.307 orang. Terakhir, Lansia, suntikan ke 1: 29.962 orang. Dengan demikian jumlah total yang sudah divaksin adalah suntikan ke 1: 205.028 orang dan suntikan ke 2: 75.182 orang.

Dikatakan Andika, Pemerintah Provinsi Banten mengajak seluruh stakeholder untuk mengedepankan optimisme bahwa perekonomian Banten akan pulih seiring telah dilaksanakan vaksinasi Covid-19 di wilayah Provinsi Banten.

Pemerintah Provinsi Banten, kata Andika, mendorong daya beli masyarakat melalui dukungan kelancaran bansos dan kelancaran usaha UMKM. Selain itu, pembangunan infrastruktur dan konektivitas antar wilayah dengan pola padat karya untuk mengurangi kesenjangan pembangunan dan optimalisasi pertanian dan UMKM sebagai katup pengaman perekonomian.

“Seraya kita berdoa semoga Pandemi Covid-19 segera berakhir agar masyarakat di Provinsi Banten dapat menjalankan rutinitas sehari-hari dengan aman dan produktif,” imbuhnya. (red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini