Beranda Peristiwa Waduh, Personel BTS Masuk di Surat Suara Pilkades Kabupaten Serang

Waduh, Personel BTS Masuk di Surat Suara Pilkades Kabupaten Serang

Panitia Pilkades di TPS 05, Desa Mekar Baru, Kecamatan Petir, Kabupaten Serang menampilkan surat suara yang tidak sah karena ditempel foto personil BTS. Foto: Dok. Camat Asep Herdiana

KAB. SERANG – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2021 di Desa Mekar Baru, Kecamatan Petir, Kabupaten Serang pada 31 Oktober lalu menyisakan cerita lucu.

Tak diketahui jelas motifnya apa, salah satu warga yang menyumbangkan hak suaranya menempel 3 foto personel dari grup boyband asal Korea Selatan yaitu BTS.

Pemilih itu menempel foto Jimin sebagai calon kades nomor urut 1, lalu untuk foto calon kades nomor urut 3 ditempel dengan foto Jungkook dan untuk calon kades nomor urut 4 ditempel dengan foto Suga. Sementara untuk calon kades nomor 2 tetap calon kades dari Desa Mekar Baru.

Camat Petir, Asep Herdiana mengkonfirmasi kejadian unik itu terjadi di wilayahnya. Surat suara itu ditemukan saat panitia melakukan proses penghitungan suara.

“Iya benar, enggak tahu siapa itu boyband yang mengundang. Enggak tahu motifnya iseng atau gimana gambarnya ditempel gitu. Ditemukannya saat panitia melakukan penghitungan suara, si pemilih menempel foto yang menutupi 3 calon, yang dicoblos sama pemilihnya itu nomor 2 dan yang lainnya ditutup,” ujar Asep kepada BantenNews.co.id melalui sambungan telepon, Rabu (3/11/2021).

Asep menyebutkan, hal yang dilakukan pemilih tersebut salah dan menjadikan suara yang disumbang tidak sah.

“Ya tidak sah, itu rusak karena ditempel foto yang lain,” kata Asep.

Kendati demikian, ia juga menuturkan situasi pasca Pilkades Serentak di 5 desa yang berada di Kecamatan Petir berlangsung dengan aman dan kondusif. “Alhamdulillah aman terkendali,” kata Asep.

Di Kecamatan Petir ada 18 calon kades yang tersebar di 5 desa yaitu di Desa Petir, Desa Sindangsari, Desa Sanding, Desa Kampung Baru, dan Desa Mekar Baru.

Lima calon kades di Desa Petir yaitu Wahyudin, Edi Sutisna, Budi Adi Maryani, Hambali, dan Syehabudin. Wahyudin berhasil menang telak dari Petahana Hambali yakni dengan 1.443 suara.

Di Desa Sindangsari terdapat 5 calon kades yaitu Maun, Gaosul Alam, Solihin, Juhanta, dan Sohibul Bahri. Sohibul Bahri menang dengan perolehan suara 1.883.

Di Desa Sanding hanya ada 2 calon kades yakni Ade Fajri Suryana dan Rosid. Rosid unggul atas Ade dengan perolehan suara 1.115.

Selanjutnya di Desa Kampung Baru juga hanya diisi 2 calon kades yaitu Suhendra dan Rozi. Rozi kembali terpilih dengan 902 suara.

Desa terakhir yang mengikuti Pilkades di Kecamatan Petir yaitu Desa Mekar Baru. Ada 4 calon kades di Desa Mekar Baru yakni Tb Muzakar, Asep Rupawan, Abdul Hamid, dan Mustahiq. Abdul Hamid berhasil mengalahkan Asep Rupawan yang merupakan petahana dengan total perolehan suara 1.601.
(Nin/Red)