Beranda Peristiwa Viral Bule Mendaki Gunung Anak Krakatau Pasca Timbulkan Tsunami

Viral Bule Mendaki Gunung Anak Krakatau Pasca Timbulkan Tsunami

Gunung Anak Krakatau pasca meletus pada 22 Desember 2018 - foto istimewa @EarthUncutTV⁩

SERANG – Media sosial tengah ramai perbincangan soal warga negara asing (WNA) nekad masuk ke daerah terlarang di Gunung Anak Krakatau. Padahal pasca erupsi yang menyebabkan tsunami Selat Sunda, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sudah melarang warga untuk mendekat area Gunung Anak Krakatau dengan radius 5 kilometer.

Keberadaan WNA dekat Gunung Anak Krakatau itu diketahui setelah dia mengunggah hasil jepretannya ke akun media sosial Twitter. Foto-foto yang ditangkap memperlihatkan kondisi terbaru Anak Krakatau dari jarak dekat.

Sayangnya, setelah viral di media sosial, si empunya akun Twitter tersebut menghapus jejak. WNA yang nyelonong ke Gunung Anak Krakatau itu menghapus postingan sekaligus akun Twitternya.

PVMBG membenarkan adanya WNA yang nyelonong mendekati Gunung Anak Krakatau. Pihaknya mengatakan tak bisa memonitor pergerakan manusia ke kawasan tersebut.

“Betul ada (WNA melewati daerah terlarang)” kata Kepala Bidang Mitigasi PVMBG I Gede Suantika, Senin (21/1/2019).

“Kami kan hanya rekomendasi, yang punya wilayah kan pemprov atau pemda, harusnya mereka itu ada mekanisme untuk memantau pergerakan manusia ke sana,” lanjut dia dilansir detik.com.

Gede Suantika tak mengetahui pasti bagaimana WNA itu nyelonong dekati Anak Krakatau. Dia hanya menegaskan sudah memberikan rekomendasi agar setiap warga menjauh dari gunung dengan radius 5 kilometer.

“Jadi rekomendasi kita tetap daerah larangan, dilarang beraktivitas memasuki wilayah radius 5 kilometer, walaupun Gunung Anak Krakatau erupsinya sudah mereda. Seminggu ini tidak ada erupsi eksplosif maupun efusif. Jadi, yang kita takutkan, kalau ada orang masuk ke sana tanpa orang berwenang yang periksa, takutnya kan ada daerah lemah, masih panas, lavanya juga belum dingin, bisa aja kejeblos kakinya bisa hangus. Itu yang kita takutkan kalau orang nyelonong sudah terlalu dini masuk ke daerah larangan tadi,” paparnya.

Pemerintah dalam hal ini Badan GeologiKementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) turun tangan dalam insiden ini. Hal ini mengingat keselamatan warga asing yang sedang berada di Indonesia.

Badan Geologi menegaskan tak pernah memberi izin pendakian ke Gunung Anak Krakatau. Oleh karena itu pihaknya mencari dan menelusuri siapa pengantar WNA yang dekati gunung tersebut.

“Kami tidak pernah memberikan izin untuk pendakian. Jangankan yang di Krakatau. Gunung Agung, Gunung Merapi yang sedang aktif, kita selalu setiap pagi memberikan info untuk tidak boleh lakukan pendakian di radius sekian,” kata Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rudy Suhendar di Gedung Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM, Jakarta Pusat.

Dia mengatakan seharusnya ada hukuman bagi siapa pun yang masuk ke daerah terlarang gunung tersebut. Badan Geologi, kata Rudy, sedang mencari siapa pengantar dan pemberi izin WNA mendekat ke Gunung Anak Krakatau.

“Sampai saat ini kami masih mencari dan menelusuri bersama siapa yang mengantar, apalagi memberi izin, karena di catatan kami itu tidak ada. Kalau ada apa-apa kan yang ikut tanggung jawab semuanya. Pemerintah kan, apalagi ini orang asing, pemerintah ikut tanggung jawab kalau ada apa-apa. Ini kami lagi telusuri dengan teman-teman biro hukum kami. Belum ketemu ini,” kata Rudy. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini