Beranda Olahraga Valentino Rossi Dinilai Paling Berpengalaman di MotoGP Austria

Valentino Rossi Dinilai Paling Berpengalaman di MotoGP Austria

539
0
Valentino Rossi - foto istimewa Naik Motor

Rider Yamaha Valentino Rossi sudah ikut balapan di seri MotoGP Austria sejak tahun 1996. Tapi tak pernah sekalipun The Doctor finish pertama di berbagai kelas.

Valentino Rossi adalah pebalap paling berpengalaman di antara rider lain yang akan tampil di MotoGP Austria, akhir pekan ini. The Doctor sempat ikut balapan dua kali di sana, sebelum sirkuit itu vakum gelar balapan sejak 1997 hingga 2016.

Pebalap berusia 40 tahun itu pertama kali balapan di Austria pada tahun 1996 pada kelas 125cc. Rossi yang kala itu berusia 17 tahun finish di urutan ketiga dengan motor Aprilia. Setahun kemudian ia menjadi runner up di kelas yang sama, kalah saing dengan rivalnya asal Jepang Noburo Ueda.

Tahun 2016 menjadi kali pertama juara dunia 9 kali itu bertarung di Sirkuit Red Bull Ring dalam balapan kelas utama, MotoGP. Pada tahun itu Rossi meraih posisi 4 dengan tunggangan motor Yamaha. The Doctor kemudian melorot ke posisi 7 setahun setelahnya. Pada musim lalu, ia pun hanya bisa finish di urutan ke-6.

Musim ini pun diprediksi bakal sulit bagi The Doctor untuk merebut podium juara di Austria untuk pertama kalinya. Apalagi Sirkuit Red Bull Ring dalam 3 tahun terakhir didominasi oleh Ducati.

Selain itu, performanya pada musim 2019/2020 pun kurang impresif, dengan capaian terbaik finis kedua pada balapan di Argentina dan Amerika Serikat. Alhasil sejauh ini ia hanya meraup poin 90 dan berada di posisi 6 klasemen sementara.

Meski demikian, pebalap asal Italia itu tetap senang dapat balapan di Austria. Rossi dan Yamaha dikabarkan bakal membawa sesuatu yang baru di sana, usai lakukan tes pasca balapan Brno akhir pekan lalu.

“Tes Brno berjalan positif. Kami menemukan sesuatu yang menarik, sebagai contohnya adalah pengaturan yang saya suka dan hal-hal lainnya. Sirkuit Austria tidak cukup bagus buat kami, tapi kami akan melakukan yang terbaik.” ujarnya dikutip dari detik.com.

Kiprah Valentino Rossi di MotoGP Austria:

1996: Posisi 3 (Kelas 125cc)

1997: Posisi 2 (Kelas 125cc)

2016: Posisi 4 (Kelas MotoGP)

2017: Posisi 7 (Kelas MotoGP)

2018: Posisi 6 (Kelas MotoGP)

(Red)