Beranda Politik Usung Helldy Agustian, PKS Banten Siapkan Balon Wakil Walikota Cilegon

Usung Helldy Agustian, PKS Banten Siapkan Balon Wakil Walikota Cilegon

625
0
Jajaran pengurus partai Berkarya dan PKS berfoto bersama usai penandatanganan nota kesepahaman koalisi. (Gilang)

CILEGON – DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Banten mengungkapkan bahwa Helldy Agustian merupakan bakal calon (balon) Walikota Cilegon dengan peringkat teratas berdasarkan hasil survei partai.

Hal itu akhirnya mutlak menjadi pertimbangan partai di tingkat DPD dan DPW untuk merekomendasikan Ketua DPW Partai Berkarya Banten tersebut ke DPP PKS untuk disetujui sebagai balon kepala daerah yang diusung PKS untuk Pilkada Cilegon 2020.

“Survei kita, konsisten hasilnya Pak Helldy yang terbaik di Cilegon. Hari ini hitam di atas putih kita berkoalisi. Dalam waktu dekat PKS akan menyiapkan untuk wakilnya. Karena kami punya kader, kami serahkan ke masyarakat Cilegon, siapa yang pantas mendampingi Helldy,” ujar Ketua DPW PKS Banten, Sanuji Pentamarta dalam penandatanganan nota kesepahaman antara kedua belah partai di Kota Cilegon, Sabtu (21/3/2020).

Sanuji menambahkan, dengan mendeklarasikan diri sebagai koalisi pembaharuan, kedua partai menyatakan masih membuka ruang bagi partai politik lain untuk bergabung menghantarkan Helldy Agustian sebagai pemimpin Kota Cilegon yang lebih baik ke depan.

“Tapi untuk calon wakilnya (Helldy Agustian), kewenangan PKS yang mengusulkan, paling lambat sebelum waktu pendaftaran kita umumkan. Jadi di PKS biasa, kita usulkan satu dulu (balon Walikota), tapi begitu sudah ada pasangan maka akan dikeluarkan SK lagi,” imbuhnya.

Di bagian lain Ketua DPD PKS Kota Cilegon, Abdul Ghoffar mengatakan koalisi dengan partai baru di parlemen Cilegon ini adalah putusan akhir atas sikap PKS untuk keluar dari koalisi pemerintah yang sudah dijalin selama 10 tahun terakhir. Kedua partai politik itu diketahui masing-masing memiliki 4 kursi di parlemen, dengan kata lain sudah memenuhi persyaratan pencalonan.

“Kita kan ada survei C1 (balon Walikota) dan C2 (balon Wakil Walikota), dan ada survei internal dan eksternal. Kalau survei eksternal itu, Pak Helldy yang teratas. Ini adalah koalisi yang dinamis seperti koalisi dulu. Termasuk karena dinamika politik itu jugalah kenapa kita tidak (umumkan) langsung berpasangan,” katanya.

Sementara Ketua DPW Partai Berkarya, Helldy Agustian mengaku mensyukuri atas keputusan PKS untuk mengusungnya sebagai calon Walikota Cilegon mendatang setelah perjalanan panjang ia lalui di kontestasi tersebut.

“Sejak berjuang di 2010 lalu (maju sebagai calon Walikota Cilegon dari jalur independen-red), barulah di tahun 2020 ini saya bisa menjalin hubungan dengan PKS, dan mudah-mudahan diridhoi. Sekarang saya merasa punya energi yang lebih. Nah tinggal masyarakatnya kalau ingin perubahan, masyarakat harus tegas, harus jelas. Berarti masyarakatlah yang harus ikut berjuang. Semoga dilahirkan pemimpin yang baik, amanah dan tidak lagi tersangkut persoalan hukum,” katanya. (dev/red)