Beranda Advertorial Upaya Pemkot Serang Mencegah Penyebaran Covid-19

Upaya Pemkot Serang Mencegah Penyebaran Covid-19

Walikota Serang, Syafrudin membagikan masker kepada para pengguna transportasi umum di terminal Pakupatan, Kota Serang - (Foto Ade Faturohman/BantenNews.co.id)

SERANG – Virus corona atau Covid-19 telah menjadi pandemi di belahan dunia. Pemprov Banten pun telah menetapkan sebaran virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan ini sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) di wilayah Provinsi Banten. Puluhan warga Banten telah dinyatakan positif terpapar virus ini dan beberapa di antaranya telah meninggal dunia.

Menyikapi fenomena ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Serang membentuk satuan tugas penanggulangan kejadian luar biasa penyebaran virus covid-19. Satuan tugas ini dibentuk untuk melakukan analisa, tindakan, penanggulangan dan pelaporan kejadian endemi covid-19 yang ada di wilayah Kota Serang. Pembentukan Tim ini berdasarkan SK Kepala Dinkes Kota Serang Nomor : 027/1101/DINKES/2020. Bahkan Pemkot Serang juga membentuk Tim Gugus Tugas Penanggulangan Penyebaran Covid-19 yang diketuai langsung Sekda Kota Serang, Urip Henus.

Pemkot Serang telah melakukan berbagai upaya dalam mencegah penyebaran virus ini. Dari sektor pendidikan, Pemkot Serang telah meliburkan siswa sekolah dan satuan pendidikan tingkat PAUD, TK,  Sekolah Dasar, dan SMP selama 14 hari. Kebijakan masa belajar di rumah ini diperpanjang hingga pertengahan April mendatang.

Dari sisi birokrasi, Pemkot Serang menyesuaikan sistem kerja Aparatur Sipil Negara (ASN). Beberapa instansi yang menjadi titik pelayanan publik misalnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) melakukan perubahan sistem.pelayanan. Untuk menghindari kerumunan massa yang bisa menjadi penyebab penyebaran virus, instansi ini mengubah pelayanannya menjadi secara daring. Pelayanan langsung ke kantor hanya untuk yang penting dan mendesak.

Selain itu, Pemkot Serang juga melakukan sterilisasi beberapa ruang publik. Pada 18 Maret lalu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang melakukan penyemprotan di Alun-alun Serang. Lebih luas, Pemkot Serang bersama unsur TNI dan Polri juga melakukan penyemprotan di sepanjang jalur protokol Kota Serang, Selasa (24/3/2020). Penyemprotan dimulai dari Terminal Pakupatan, Jalan Ahmad Yani, Jalan Sudirman, kawasan perdagangan Royal, Pasar Lama hingga Pasar Induk Rau.

Penyemprotan menggunakan mobil damkar. Bahan yang digunakan adalah asap cair biodisinfektan. Bahan ini merupakan hasil olahan dari pengelolaan sampah di TPSA Cilowong Kota Serang oleh DLH Kota Serang.

“Penyemprotan di jalan utama ini sebagai salah satu upaya pencegahan karena ini merupakan jalur lintasan dari berbagai daerah,” ujar Walikota Serang Syafrudin.

Penyemprotan disinfektan di jalan protokol Kota Serang. (Ist)

Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin turun langsung untuk menyemprotkan cairan tersebut di sekitaran jalan. Wakil Walikota menegaskan bahwa ini merupakan upaya dari Pemerintah Kota Serang untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona atau Covid-19 ini.

“Ini merupakan upaya Pemkot Serang untuk menanggulangi penyebaran virus, masyarakat dimohon mentaati imbauan-imbauan yang kami berikan. Jangan panik tapi harus tetap waspada,” ucapnya.

Selain melakukan penyemprotan, langkah lainnya adalah membagikan masker untuk warga.

Sementara dari sisi edukasi, Pemkot Serang melalui Diskominfo Kota Serang juga melakukan sosialisasi berbagai hal tentang covid-19 melalui berbagai media sosialisasi, baik melakui online maupun di ruang publik. (Advertorial/diskominfo_kota_serang)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini