Beranda Pemerintahan Upacara Harkitnas, Edi Beri Semangat Nasionalisme

Upacara Harkitnas, Edi Beri Semangat Nasionalisme

Walikota Cilegon, Edi Ariadi saat menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional, yang dilaksanakan di Halaman Kantor Walikota Cilegon

CILEGON – Walikota Cilegon Edi Ariadi mengatakan, dalam memeringatan Hari Kebangkitan Nasional ke- 111 diharapkan dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme kebangsaan sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, dan menegakkan nilai-nilai demokrasi.

“Kita harus bangkit untuk kembali menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia dan harus membuktikan bahwa kita mampu menjaga persatuan sampai detik ini. Oleh sebab itu, tak diragukan lagi bahwa kita pasti akan mampu segera kembali bersatu setelah pasca pesta demokrasi dari kerenggangan perbedaan pendapat, dari keterbelahan sosial, dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa ini, yaitu persatuan Indonesia,” ujar Edi Ariadi saat menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional, yang dilaksanakan di Halaman Kantor Walikota Cilegon, Senin (20/5/2019).

Edi juga mengungkapkan bahwa peringatan Hari Kebangkitan Nasional kali ini dilangsungkan dalam suasana bulan Ramadan.

“Bagi umat muslim, bulan suci ini menuntun kita untuk mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dibenci Allah SWT seperti permusuhan dan kebencian, apalagi penyebaran kebohongan dan fitnah. Hingga pada akhirnya, pada ujung bulan Ramadan nanti, kita bisa mengakhiri puasa dengan hati dan lingkungan yang bersih berkat hubungan yang kembali fitri dengan saudara-saudara di sekitar kita,” ungkapnya.

Edi juga menjelaskan bahwa Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar yang telah mampu terus menghidupi semangat persatuannya selama berabad-abad yang kuncinya yaitu gotong royong.

“Semangat persatuan dan gotong-royong telah mengakar dan menyebar di seluruh Nusantara. Ini dibuktikan dengan berbagai ungkapan tentang kearifan mengutamakan persatuan yang terdapat di seluruh suku, adat, dan budaya yang ada di Indonesia dan sampai kapan pun semangat ini akan senantiasa relevan,” ujarnya.

Edi mengajak kepada seluruh peserta upacara untuk semangat ketika mengerjakan tugas berat yang hanya bisa dikerjakan secara bergotong-royong, bersama-sama dalam halnya membangun Kota Cilegon agar lebih maju dan sejahtera.

“Dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111 ini, saya mengajak agar kita semua sebagai sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan kali ini dengan memperbarui semangat gotong-royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di pentas global,” ajaknya. (Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini