Beranda Pendidikan Untirta Siap Dorong Kota Serang Jadi Kota Literasi

Untirta Siap Dorong Kota Serang Jadi Kota Literasi

1130
0
Diskusi Senja di Untirta episode 3 dilaksanakan di ruang rapat lantai 2 Untirta

SERANG – Tidak seperti biasa, acara Diskusi Senja di Untirta episode 3 dilaksanakan di ruang rapat lantai 2 Untirta, selain karena kondisi hujan dan pembatasan peserta dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 seperti jaga jarak antarpeserta diskusi, memakai masker, penggunaan hand sanitizer dan cek suhu tubuh.

Diskusi senja kali ini menghadirkan Wali Kota Serang, Syafrudin. Kehadiran Wali kota Serang ini didampingi oleh kepala Dinas Pendidikan Kota Serang. Hadir juga Wakil Rektor Bidang Kerja Sama, Sistem Informasi, Penguatan Kemitraan, dan Layanan Industri Untirta, Aceng Hasani, dan Anggota DPRD Kota Serang Nur Agis Aulia.

Agis yang diberikan kesempatan pertama oleh moderator, Wakil Dekan 3 Fakultas Hukum, Rena Yulia, menjelaskan bahwa kami telah mendorong adanya pojok baca di setiap Operasional Perangkat Daerah (OPD) di Kota Serang. Saat ini, telah ada lima pojok baca yang ada di Kota Serang dan ini akan terus ditingkatkan.





Dengan tegas, Agis mengatakan tugasnya adalah mengawal janji-janji pak Wali Kota, termasuk terkait literasi yang ada di Kota Serang. Agar apa yang dilakukan Wali Kota tidak melenceng dari rencana awalnya. Menanggapi hal tersebut, Walikota Serang terlihat bahagia dan tersenyum.

Sesi berikutnya, Aceng Hasani, turut menyampaikan pandangannya terkait Literasi di Kota Serang. Menurutnya, hal yang dilakukan Untirta terkait literasi adalah dosen tidak hanya meminta mahasiswa paham materinya saja, tetapi meminta mahasiswa untuk pandai menulis juga.

Bahkan, untuk mendukung penguatan literasi di Kota Serang, Untirta ada tiga lokasi kampus Untirta yang bisa dikerjasamakan dengan pemerintah kota Serang yaitu, kampus Pakupatan, Kampus Ciwaru (FKIP), dan Kampus di Pandean (D3-Keperawatan).

Selain itu, Aceng menginformasikan bahwa Untirta menerapkan literasi digital bukan hanya sekarang saja setelah Covid-19, tetapi sebelum ada Covid-19 Untirta sudah menerapkan pembelajaran daring di beberapa jurusan dan mata kuliah, baru kali ini semua dilakukan secara total.

“Saya jadi terinspirasi karena adanya diskusi senja di Untirta ini, saya ingin kantin yang ada di Untirta itu ada pojok bacanya,” kata Aceng kemudian disambut riuh tepuk tangan dari para peserta diskusi dan Wali Kota Serang. Para peserta terlihat antusias mendengar pemaparan dari setiap narasumber.

Terakhir, Walikota Serang, Syafrudin menanggapi pernyataan Agis terkait pengawalan kerja Wali Kota. “Kami akan bekerja sesuai dengan visi misi. Segala sesuatu kemajuan yang ada di Kota Serang itu bergantung SDM-nya, jadi peningkatan SDM juga penting bagi kami, ” ujarnya.

Sebagai tambahan, Kepala Dinas Pendidikan Kota Serang, Wasis Dewanto menyampaikan harapannya. “Literasi bukan hanya membaca teks, tapi membaca perkembangan zaman,” katanya.

(Red)