Beranda Pemerintahan UMKM di Kota Serang Diminta Mampu Berinovasi di Masa Pandemi

UMKM di Kota Serang Diminta Mampu Berinovasi di Masa Pandemi

Walikota Serang, Syafrudin memberikan keterangan kepada awak media

SERANG – Untuk menghadapi pertumbuhan ekonomi pada masa new normal, Pemerintah Kota (Pemkot) Serang berharap para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Serang mampu berinovasi, meskipun saat ini masih masa pandemi.

Perekonomian di Kota Serang bisa tumbuh maksimal bila para UMKM mampu memahami dunia digital dan memahami cara memasarkan produknya secara online.

“Banyak terobosan yang harus dilakukan. Salah satunya UMKM digital mulai dikembangkan oleh Pemkot Serang,” kata Walikota Serang, Syafrudin di salah satu hotel di Kota Serang, Rabu(27/10/2021).

Ia juga mengatakan, pihaknya saat ini sedang menyiapkan tempat khusus untuk para pelaku UMKM di Kota Serang. Sehingga para UMKM, terutama yang dulu beroperasi di kawasan Taman Sari maupun di Stadion direlokasi dulu sementara di Kepandean dan Pasar Lama. Untuk lokasi penempatan para pedagang UMKM sedang disediakan oleh Pemkot Serang.

“Tempat-tempat khusus untuk pengembangan UMKM. Sementara untuk Taman Sari maupun Stadion sudah dikembalikan ke fungsinya. Taman sari ini adalah untuk taman, para pelaku usaha ada tempatnya,” ucapnya.

Syafrudin mengakui, para pelaku usaha hanya menginginkan pembinaan maupun pelatihan untuk kemajuan usahanya.

“Mereka sih inginnya mendapatkan pembinaan maupun pelatihan. Supaya mereka memiliki wawasan untuk pengembangan wirausaha,” ucapnya.

Asda II Kota Serang, Yudi Suryadi menambahkan, saat inipun Pemkot Serang sedang berupaya melakukan sinergitas sebuah program UMKM di era digitalisasi. Maka itu, kata dia, ada kolaborasi dengan Disperindakop, Dinas Pariwisata, Dinas Kominfo, Bank Indonesia (BI) serta BJB.

Pihaknya belum bisa merinci jumlah UMKM di Kota Serang, karena UMKM di Kota Serang tersebar disetiap OPD. Ada yang dibina Disperindakop, Kecamatan dan juga oleh dinas lainnya.

“Kita membuat terobosan program bersama, untuk kemajuan UMKM di Kota Serang,” ucapnya.
Menurutnya pembinaan kepada UMKM di Kota Serang tidak pernah berhenti.
“Kali Inipun, kita memulai UMKM digitalisasi. Akses pembayaran tak harus tunai, dan serba mudah. Inipun untuk meluas ke bisnis market,” ucapnya. (Dhe/Red)