Beranda Uncategorized Ulama Se-Banten Deklarasi Dukung Jokowi-Ma’ruf Amin

Ulama Se-Banten Deklarasi Dukung Jokowi-Ma’ruf Amin

Ulama se-Provinsi Banten mendeklarasikan dukungan untuk Capres-Cawapres Nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin

SERANG – Ulama se-Provinsi Banten mendeklarasikan dukungan untuk Capres-Cawapres Nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin. Ulama se-Banten meyakini membuat Indonesia menjadi negara yang lebih maju.

Deklarasi ulama se-Banten digelar di Hotel Le Dian, Serang, Sabtu (23/3/2019). Ma’ruf hadir dalam acara deklarasi itu mengenakan pakaian khasnya, kemeja berwarna putih dibalut jas abu-abu, sarung dan peci.

Sebelum deklarasi, Ma’ruf sempat menjelaskan tentang arus baru yang membawa perubahan bagi pembangunan nasional. Ma’ruf berharap arus bawah ini dapat memperbaiki kondisi ekonomi rakyat kecil di Tanah Air.

“Arus baru itu artinya gerakan baru, adalah perubahan. Perubahan dari arus lama. Arus lama itu pembangunan nasional kita dilakukan dari atas akhirnya melahirkan konglomerat diharapkan menetes ke bawah. Tapi ternyata nggak netes-netes,” kata Ma’ruf dikutip dari detik.com.

Mantan Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) berjanji akan mengubah pembangunan yang hanya berputar di kalangan konglomerat saja. Dia berjanji akan memunculkan pembangunan dari bawah ke atas jika menang di Pilpres 2019.

“Maka saya ingin mengubah supaya hal itu tidak hanya berputar di atas saja. Oleh karena itu di balik, pembangunan bukan dari atas tapi dari bawah. Bottom up economy development. Membangun ekonomi dari bawah supaya pemberdayaan. Melalui kemitraan dan gerakan, maka lahirlah arus baru.” lanjutnya.

Selain itu Ma’ruf Amin juga merencanakan pembangunan ekonomi itu dimulai pada pesantren. Menurutnya santri bukan saja paham agama namun harus memahami bisnis. Sehingga akan muncul Gus Iwan.

“Salah satu pemberdayaan yang kita lakukan itu di kalangan pesantren. Bukan hanya orang yang paham agama saja tetapi juga ekonomi. Makanya nanti akan dibangun gerakan pesantren Gus Iwan, Santri Bagus Pintar Ngaji Usahawan,” lanjutnya.

Ketua MUI nonaktif itu mengakui selama ini hanya berjuang di jalur kultural. Namun kini ia mencoba ke jalur pemerintahan untuk mengembangkan ekonomi. Namun menurutnya, kiai masuk ke pemerintahan merupakan suatu tantangan.

“Ini merupakan suatu langkah-langkah itu. Cuma selama ini kita berjuang di jalur kultural tidak pemerintahan tidak struktural. Sekarang saya bergeser masuk ke pemerintahan. Ternyata tidak gampang kiai, santri jadi wakil presiden,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama ketua ARBI mengatakan Kiai se-Banten siap untuk memberikan dukungannya. Mereka juga berharap Jokowi-Ma’ruf Amin terpilih pada pemilihan presiden nanti.

“Kita doakan Pak Kiai (Ma’ruf Amin), (di sini) kiai se-Banten hadir. Ini adalah dukungan kita semua se-provinsi Banten untuk mendukung Pak Jokowi- Ma’ruf Amin untuk menjadi presiden dan wakil presiden,” ujar ketua Arus Baru Indonesia, Lukmanul Hakim pada sambutannya.

Setelah itu baru acara deklarasi digelar. Deklarasi disampaikan oleh perwakilan ulama Banten Didin Hadiyidin.

Didin mengatakan pilpres bukan hanya memilih pemimpin baru. Namun memilih pemimpin yang bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih maju.

“Ulama Banten memiliki amanat bagi keberlangsungan bangsa Indonesia. Persoalan pemilu bukan hanya memilih pemimpin baru tapi juga membawa ke perubahan yang lebih maju,” ujar Didin saat membacakan deklarasi.

Didin menambahkan, ulama Banten tidak rela jika Indonesia dipimpin oleh pemimpin yang menyebarkan berita bohong. Selain itu, mereka juga tidak ingin memilih pemimpin yang mempermainkan isu SARA.

“Kami tak rela dipimpin pemimpin yang pandai memprovokasi dan menyebarkan kabar bohong atau hoaks. Kami tidak rela dipimpin oleh pemain isu sara,” lanjut Didin.

Berikut adalah pernyataan sikap ulama se-Banten:

1. Ulama Banten siap mengawal, mengajak dan mendukung pasangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin.
2. Ulama Banten menjunjung tinggi demokratis untuk kemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin
3. Ulama Banten mengerahkan kemampuan dalam rangka pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin
4. KH Ma’ruf Amin yang bersifat maju, santun dan moderat menjadi pilihan terbaik pemimpin Indonesia yang menjaga kerukunan dan menjaga ideologi bangsa.

Silaturahmi Kiai se-Banten yang merupakan rangkaian kunjungan politik Ma’ruf Amin di DKI Jakarta-Banten. Ketua Mathlaul Anwar irsyad Djuwaeli serta pembawa acara kondang Raffi Ahmad. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini