Beranda Uncategorized Ulama di Banten Gelar Zikir dan Istigasah Indonesia Sehat

Ulama di Banten Gelar Zikir dan Istigasah Indonesia Sehat

Pimpinan Majlis Dzikir Bumi Alit Padjadjaran, Abah Elang Mangku Bumi

SERANG – Alim ulama di Banten ambil peran untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat terkait program vaksinasi Covid-19 oleh pemerintah pusat. Hal itu untuk mempercepat berakhirnya pandemi Covid-19 di Indonesia.

Syiar untuk mendukung program pemerintah tersebut diselenggarakan oleh Pimpinan Majlis Dzikir Bumi Alit Padjadjaran, Abah Elang Mangku Bumi dengan tema Melalui Dzikir dan Istigosah Menuju Indonesia Sehat, Indonesia Kuat dan Indonesia Bermartabat.

“Menyikapi program pemerintah pusat mengenai vaksinaksi sampai ke level RT, saya ingin menyampaikan kepada masyarakat khususnya alim ulama. Mereka membawahi elemen masyarakat di bahwa, bahwa program (vaksinasi) ini adalah cara cepat untuk mengatasi berakhirnya pandemi,” kata Abah Elang ditemui di kediamannya, di Cikeusal, Kabupaten Serang, Kamis (4/2/2021).

Tanpa proses vaksinasi, menurut Elang akan memperparah kondisi kesehatan masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Ia mengakui banyak rumor atau hoaks di tengah masyarakat mengenai vaksin Covid-19 yang perlu diluruskan terutama oleh kalangan alim ulama.

“Jika tidak ada vaksinasi, tanpa ada solusi tentu akan berdampak buruk sekali. Dengan rumor yang berkembang di masyarakat kita sekarang atau dengan hoaks bahwa vaksin itu begini begitu, kita mentahkan malam ini. Agar para alim ulama tersebut membawa pesan kepada masyarakatnya masing-masing bahwa apa yang dilakukan pemerintah sudah tepat dan vaksin tidak harus menjadi momok yang menakutkan,” ujarnya.

Kendati sudah menjalani proses vaksinasi, Abah Elang tetap mengimbau masyarakat bukan berarti masyarakat bebas tanpa mengindahkan protokol kesehatan. “Meskipun sudah divaksin tetapi tidak serta merta punya keleluasaan bebeas dari 3M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak). Vaksi itu salah satu pencegahan tetapi yang lebih utama protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Setelah masyarakat mendapat vaksin, ia berharap masyarakat Indonesia, khususnya di Banten menjadi kuat untuk melakukan aktivitas mencari nafkah sebagaimana sebelum pandemi.

“Saya sampaikan melalui sosialisasi vaksinasi ini agar masyarakat khususnya di Kabupaten Serang harus sehat agar menjadi pribadi yang bermartabat,” ujarnya.

Peran alim ulama, menurutnya sangat penting untuk memberi pencerahan dan informasi yang benar kepada masyarakat dan mampu bersinergi dengan pemerintah, TNI Polri, petugas kesehatan yang masih berjuang menanggulangi pandemi.

Acara zikir berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, memakai masker dan tetap menjaga jarak. Acara juga diikuti dari perwakilan ulama dari Malingping Kabupaten Lebak, Pakuhaji Kabupaten Tangerang dan sekitarnya. (you/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ