Beranda Pemerintahan U Turn Liar di Jalan Juanda Ciputat Sebabkan Macet

U Turn Liar di Jalan Juanda Ciputat Sebabkan Macet

Lokasi putar balik (U-turn) yang kerap menimbulkan kemacetan. (Ihya/bantennews)

 

TANGSEL – Jalan Juanda Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tagsel), setiap hari dipastikan macet, terlebih di waktu pagi, siang dan sore hari.

Pasalnya, jalan yang tak boleh dibuka malah dijadikan ladang penghasilan oleh warga dalam bentuk U Turn liar. Akibatnya arus lalu lintas baik dari arah Jakarta-Bogor maupun sebaliknya tersendat.

Diketahui, letak titik putar balik (U Turn) liar tersebut berada di depan Mapolsek Ciputat. Di bagian tengah pemisah jalan hanya diberi tali tambang bukan beton pemisah jalan.

Sementara tak sedikit pengendara yang kesal akibat macet itu sampai harus menerobos pedestrian di samping jalan.

Rendi (30), pengendara ojek online yang setiap hari melintasi jalan tersebut kesal dengan tingkah warga yang membuka jalan tersebut. Dirinya mengira penyebab dari mecet tersebut adalah adanya U-Turn liar atau jalan yang dibuka untuk putar balik demi keuntungan pribadi.

“Ya kesal bang. Masa tiap hari begini terus, macet terus. Biasanya U Turn itu dibuka pada pagi, siang, sore sekitar jam 5, sama malam. Jadi hampir setiap waktu,” ujar Rendi saat diwawancarai BantenNews.co.id di pinggir jalan Juanda, Rabu (27/11/2019).

Senada dikatakan Erna (25), pengendara sepeda motor lainnya. Menurutnya Sepanjang jalan Juanda ada emoat titik putar balik  yang biasa dijaga pihak polisi. Namun, kata dia, ada satu U Turn yang tak boleh dibuka yang berada di depan Mapolsek Ciputat.

“Padahal itu kan adanya di depan polsek ya, kok malah polisi diem aja,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangsel Purnama Wijaya mengungkapkan, pembukaan jalan untuk U Turn itu ada aturan yang harus dipenuhi, tidak semena-mena main buka saja.

“Yang pasti harus koordinasi dulu sama kepolisian setempat, tapi itu pun kalau tidak ada U Turn lagi di sekitar jalan itu,” ungkap Purnama saat dihubungi BantenNews.co.id lewat sambungan telpon beberapa waktu lalu.

Sementara saat dikonfirmas awak media, Kapolsek Ciputat tidak menjawab perihal tersebut. (Ihy/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini