Beranda Pemerintahan Tunggu Restu Kemendagri, WH Tunjuk Ade dan Gunawan Jadi PJs Bupati Serang...

Tunggu Restu Kemendagri, WH Tunjuk Ade dan Gunawan Jadi PJs Bupati Serang dan Pandeglang

3542
0
Kepala Kesbangpol Provinsi Banten Ade Aryanto (kiri) Kepala Biro Pemerintahan Setda Pemprov Banten Gunawan Rusminto (kanan).

SERANG – Kepastian siapa yang akan mengisi kekosongan jabatan untuk Bupati Serang dan Bupati Pandeglang tinggal menunggu restu dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) diketahui telah menunjuk dua pejabat eselon II di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten yang akan menjadi Penjabat Sementara (PJs) Bupati Serang dan Bupati Pandeglang.

Kedua pejabat tersebut yakni, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kebaspol) Provinsi Banten, Ade Aryanto dan Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Banten, Gunawan Rusminto. Ade akan menduduki Pjs Bupati Serang sementara Gunawan sebagai Pjs Bupati Pandeglang.



Seperti diketahui, Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang bakal mengalami kekosongan jabatan bupati dan wakil bupati. Sebab, pasangan kepala daerah di dua wilayah tersebut Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa dan Irna Narulita-Tanto Warsono Arban kembali maju pada pilkada serentak 2020.

Gubernur Banten, Wahidin Halim mengatakan, pihaknya telah mengusulkan dua nama yang akan menjadi PJs kepala daerah yakni Bupati Serang dan Bupati Pandeglang.

“Serang Ade Aryanto, Pandeglang Gunawan,” ujarnya Gubernur Banten, Wahidin Halim kepada awak media usai menghadiri kegiatan di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Banten, Palima, Kota Serang, Senin (21/9).

Untuk saat ini pihaknya hanya tinggal menunggu rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri (kemendagri) sebagai dasar tindak lanjut berupa pelantikan. “Sudah, masih di Kemendagri,” katanya.

Saat ditanya pertimbangan apa dirinya menunjuk dua pejabat tersebut, WH mengaku, jika Ade sudah mempunyai pengalaman sebagai PJs kepala daerah di Kota Serang. Sedangkan untuk Bupati Pandeglang lantaran karena jarak lebih dekat dari Kota Serang.

“Pak Ade pernah di Kota Serang, kalau Pandeglang kan dekat dengan Serang. Pertimbangan lain, pejabat yang lain pada sibuk,” ujarnya.

(Mir/Red)