Beranda Peristiwa Tsunami Selat Sunda, Dompet Dhuafa Turunkan Tim Repons dan Medis

Tsunami Selat Sunda, Dompet Dhuafa Turunkan Tim Repons dan Medis

Petugas Dompet Dhuafa saat melakukan evakuasi terdampak tsunami

PANDEGLANG – Erupsi anak Gunung Krakatau yang berada di Selat Sunda, pada Sabtu (22/12/2018), telah menyebabkan gelombang tinggi yang menyerang kawasan pesisir pantai Anyer, Provinsi Banten, hingga Lampung. Sebagai Lembaga Kemanusiaan dunia, Dompet Dhuafa mengirimkan tim respon  untuk memberikan bantuan kepada para korban terdampak tsunami yang menerjang daerah Kabupaten Pandeglang, Banten, Minggu (23/12/2018)

“Tim kita sudah di lapangan untuk mengumpulkan data terdampak. Dalam waktu dekat kita akan dirikan pos bencana untuk merespon kebutuhan dasar para korban. Saat ini korban butuh bantuan makanan siap saji, air bersih, selimut, pakaian, obat-obatan, serta layanan kesehatan,” ujar Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Banten, Abdurrahman Usman.

Dompet Dhuafa telah menerjunkan tim respon yang terdiri dari Disaster Management Center (DMC), Layanan Pemulasaran Jenazah (Barzah), Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC), dan respon cepat Dompet Dhuafa cabang Banten bersama para volunteer (DDV).

Tim  Dompet Dhuafa sudah ada sejak semalam di lokasi dan dalam akan  menyusul tim medis berserta ambulans dan evakuasi yang sedang menuju tepat kejadian.

Data BNPB  sementara sampai dengan 23 Desember 2018 pukul 10.00 WIB,  jumlah korban dari bencana tsunami di Selat Sunda tercatat 62 orang meninggal dunia, 584 orang luka-luka, dan 20 orang hilang. Sementara Korban meninggal dunia sebanyak 33 orang berada  di Kabupaten Pandeglang, dan 3 orang meninggal dunia di Serang.

Tidak hanya korban jiwa, tsunami juga mengakibatkan kerugian fisik meliputi 430 unit rumah rusak berat, 9 hotel rusak berat, 10 kapal rusak berat dan puluhan rusak. Di Lampung Selatan 30 unit rumah rusak berat. Daerah yang terdampak parah adalah permukiman dan wisata di Pantai Tanjung Lesung, Pantai Sumur, Pantai Teluk Lada, Pantai Panimbang, dan Pantai Carita.

Menurut drg. Imam Rulyawan MARS., sebagai Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi mengatakan hingga siang ini tim Dompet Dhuafa meluncur sigap untuk membantu korban. Pos Dompet Dhuafa berlokasi di Kampung Pada, Mutiara Carita, RT 05 RW 02, Desa Carita serta di Jl. K.H  Sokhari No. 4C Sumur Pecung, Serang, Banten.

“Alat berat juga dikerahkan untuk membantu evakuasi dan perbaikan darurat. Dompet Dhuafa  mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memberikan dukungan doa terkait musibah tsunami di Banten dan Lampung,” terangnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini