Beranda Gaya Hidup Trik Paling Frontal Biar Bangun Pagi, Dijamin Gak Telat Lagi!

Trik Paling Frontal Biar Bangun Pagi, Dijamin Gak Telat Lagi!

1541
0
Ilustrasi - foto istimewa hellosehat.com

Bangun pagi adalah hal terberat bagi mahasiswa, apalagi kalau kamu harus masuk jam tujuh pagi. Gak jarang kamu datang terlambat atau bahkan malah terpaksa bolos karena bangun kesiangan. IPK semester pun ikut terancam.

Nah, agar hal ini tak terulang kembali, trik bangun pagi yang wajib kamu kuasai.

1. Hindari begadang







Demi bisa bangun pagi, kurangilah kebiasaan begadang. Sebaiknya kamu mulai tidur antara jam 9-11 malam. Jadi kamu bisa tidur dengan waktu yang cukup. Bisa dipastikan deh kamu akan merasa segar saat bangun esok hari.

2. Sebelum tidur jangan makan malam terlalu kenyang

Perut yang terisi penuh seringkali membuat tidurmu terlalu pulas. Alih-alih tidur berkualitas, makan terlalu banyak menjelang tidur malam bikin tabungan lemak di tubuh makin banyak dan kamu malas bergerak. Nah, agar bisa bangun pagi, pastikan kamu makan malam secukupnya ya.

3. Matikan lampu kamar agar tidurmu berkualitas

Salah satu kunci bisa bangun pagi adalah tidur yang berkualitas. Salah satu caranya dengan mematikan lampu dan listrik di kamar. Selain membuatmu nyenyak, kondisi kamar yang gelap juga mampu memicu hormon melatonin yang bermanfaat bagi kekebalan tubuh lho.

4. Rapikan kasurmu sebelum tidur

Secara tak sadar, sebenarnya semangat bangun pagi juga dipengaruhi oleh kondisi kamar. Coba deh bersihkan kasurmu. Rapikan barang-barang di atasnya. Dengan kondisi rapi dan tertata, kamu bisa tidur lebih nyenyak dan berkualitas, maka bangun pagi untuk berangkat kuliah jadi lebih mudah dan bersemangat.

5. Sediakan baskom berisi air dingin dan handuk

Meskipun otak sudah sadar, gak jarang kamu merasa sulit buka mata karena terlalu ngantuk. Untuk menyiasatinya, sediakan baskon berisi air dingin dan handuk kecil di dekat kasur. Saat kamu tersadar, usapkan handuk dingin pada mata. Dijamin, matamu pasti bisa melek dan sadar sepenuhnya.

6. Pasang alarm dengan nada panggilan telpon

Kamu sudah pakai memasang alarm, tapi masih gak mempan juga? Tenang. Sekarang kamu bisa coba menyiasatinya dengan memasang nada panggilan telepon sebagai nada alarm. Tak dimungkiri, telinga kita memang lebih peka saat ada panggilan. Jadi kamu bisa lebih sigap untuk bangun.

7. Letakkan alarm jauh dari jangkauan kasur

Selain dengan nada panggilan, kamu juga menggunakan trik : meletakkan alarm jauh dari jangkauan. Alarm bisa diletakkan di meja belajar atau dekat kaca jendela. Saat alarm berbunyi, kamu akan merasa terpaksa beranjak dari kasur untuk mematikannya. Nah, dengan cara ini, kesadaranmu bisa lebih mudah terkumpul.

8. Sediakan air putih dan minumlah saat bangun pagi

Kuliah pagi seringkali terasa berat. Untuk mengatasinya kamu bisa mulai dengan minum air putih saat bangun pagi. Meski terlihat remeh, minum air putih di pagi hari terbukti bikin badan jadi lebih segar. Jadi kamu tak ketinggalan kelas.

9. Pastikan tugas-tugasmu sudah selesai sejak malam

Salah satu penghambat kuliah pagi adalah tugas kuliah yang belum selesai. Sudah bangun kesiangan, tugas belum kelar, kiamatlah sudah. Agar hal itu tak terulang, coba deh mulai biasakan diri mengerjakan tugas kuliah di malam hari. Jadi kamu bisa mendapatkan pagi yang tenang dan siap masuk kelas.

Masuk kuliah pagi memang ujian terberat. Tapi, tenang, sekarang kamu bisa menerapkan sembilan hal ini agar bangun pagi terasa gampang. (Red)

Sumber : IDN Times