Beranda Gaya Hidup Begini Caranya Supaya Mudah Membiasakan Diri Bangun Pagi

Begini Caranya Supaya Mudah Membiasakan Diri Bangun Pagi

132
0
Ilustrasi - foto istimewa hellosehat.com

Bangun pagi bukan hal yang mudah bagi sebagian orang. Apalagi, musim hujan seperti ini, godaan kasur dan hangatnya saat berada di dalam selimut amatlah besar. Bunyi nyaring alarm pun tidak akan mempan membuat kita beranjak dari kasur.

Tapi sayangnya, jika kebiasaan ini diteruskan, maka akan berdampak buruk pada pekerjaan kita nanti. Banyak pekerjaan menjadi tertunda dan semakin menumpuk. Tentunya, kita tidak ingin seperti itu, bukan? Dikutip dari Health, 6 langkah ini bisa memudahkan kamu untuk bangun pagi.

1. Tidur lebih lama dan teratur

Banyak di antara kita mampu bangun di pagi hari, seandainya kita memberikan diri kesempatan untuk tidur lebih lama di malam hari. Memperoleh tidur yang mencukupi kebutuhan tubuh kamu memberikan energi, kesehatan dan motivasi untuk menyelesaikan pekerjaan di pagi hari dan sepanjang hari.

Meskipun total jam tidur yang secara umum direkomendasikan untuk orang dewasa adalah tujuh hingga sembilan jam, tiap orang memiliki kebutuhan berbeda. Salah satu cara menguji kebutuhan tidur adalah menjalani satu minggu tanpa jam beker atau alarm (seperti saat Anda berlibur). Mulailah tidur pada jam yang sama tiap malamnya, lalu tinjau jangka waktu rata-rata yang kamu perlukan hingga terbangun dengan sendirinya di pagi hari

2. Tidurlah lebih cepat

Untuk bangun lebih cepat, kamu perlu memulai tidur lebih awal. Hal ini bisa menjadi sulit jika kamu sering terbiasa menggunakan waktu di malam hari untuk kegiatan seperti membaca, menonton televisi, atau menulis.

Cobalah tidur lebih cepat secara bertahap. Mulailah mempercepat jam tidur selama 15 menit, dengan harapan bangun 15 menit lebih cepat, lalu perlahan tingkatkan jumlah ini menjadi setengah jam, kemudian satu jam. Jika kamu melakukan ini secara bertahap, badan dan pikiran bisa memperoleh waktu untuk menyesuaikan diri dengan jam tidur dan bangun yang lebih dini. Hal ini juga membantu kamu menemukan titik tengah yang pas antara tidur terlalu dini dan tidur terlalu larut.

3. Gunakan jam beker yang tepat

Meskipun mencoba bangun dengan cara pagi hanya dari tekad adalah hal penting, jam beker adalah alat bantu utama untuk memantapkan kebiasaan kamu yang baru saat mengubah pola tidur.

Beberapa orang lebih tertolong oleh bunyi alarm yang langsung meraung nyaring, beberapa dengan alarm yang berangsur mengeras. Cobalah beberapa alternatif hingga menemukan opsi yang paling ampuh untuk membangunkanmu. Letakkan alarm pada tempat yang cukup jauh agar Anda harus meninggalkan kasur untuk mematikannya.

4. Tetaplah pada niat

Konsistensi adalah kuncinya. Penelitian menunjukkan bahwa konsekuensi kesehatan negatif seperti kenaikan berat badan dan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi timbul dari jadwal bangun yang tidak stabil. Jadi temukan jadwal tidur dan bangun yang bekerja setiap hari dalam seminggu. (Satu jam variasi pada akhir pekan baik-baik saja, kata Dr. Abbott.

“Tidur siang pada hari minggu sesekali diperlukan, itu tidak masalah. Hanya tidur sebelum jam 3 sore, dan jangan tertidur selama lebih dari 30 menit,” ujar Dr Sabra Abbott, MD, neurologist and sleep medicine physician di Northwestern Memorial Hospital di Chicago.

5. Selalu bangun dalam kondisi bugar

Selain tips lain yang telah diberikan, seperti menghindari perangkat elektronik dengan layar sebelum tidur, menetapkan kebiasaan teratur untuk jam tidur sangatlah penting dalam posisi menjadi orang yang mudah bangun pagi.

Pastikan kamu tidak terlalu lapar atau terlalu kenyang saat menuju tidur. Kedua keadaan tersebut akan membuat Anda sulit terlelap. Dan kamu bisa lakukan persiapan untuk pagi hari pada malam sebelumnya. Kemas barang-barang untuk tas kerja atau sekolah. (Red)

Sumber : detik.com