Beranda Hukum TPU Jombang Diperkirakan Penuh, Pemkot Tangsel Perluas Lahan Pemakaman

TPU Jombang Diperkirakan Penuh, Pemkot Tangsel Perluas Lahan Pemakaman

TANGSEL – Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jombang, Kecamatan Ciputat diperkirakan hari ini, Senin 12 Juli 2021 penuh.

Akibatnya, pihak Pemerintah memperluas lahan pemakaman sampai ke RT 7, RW 6, Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Pantauan di lapangan, perluasan lahan pemakaman sudah berjalan 4 hari sejak Jumat 9 Juli 2021. Alat berat nampak sudah menyisir sebagian lokasi.

Kepala Seksi Pemakaman Disperkimta Tangsel, Nazmuddin mengatakan, proyek perluasan lahan tersebut diperkirakan akan rampung pada 1 Minggu mendatang.

“Mudah-mudahan seminggu ini lahan sudah siap. Bulan depan baru bisa dipake, karena kan disana masih bisa kita ulur,” ujar Nazmuddin kepada BantenNews.co.id, Senin (12/7/2021).

Namun jika melihat estimasi rampung perluasan TPU tersebut dalam waktu 1 minggu itu, sepertinya tidak cukup. Pasalnya dalam sehari saja pasien covid yang meninggal masih 4 sampai 50 orang.

“Di TPU Jombang kan masih ada sisa lahan seperti rawa-rawa yang di bawah itu. Ini kan tinggal sehari lagi selesai, ya kalau mayat Dateng kita pakai yang lahan atas dulu karena ini belum siap secara fisik serta sosialisasi lingkungan. Yang atas kan masih ada sisa juga itu yang depan parkiran,” ujar Nazmuddin.

Saat ini, kata Nazmuddin, pihaknya tengah sosialisasi ke warga agar tidak ada penolakan terkait rencana pemanfaatan TPU.

“Jadi kita nunggu sosialisasi dengan warga dulu kalau sudah kondusif baru, biar masyarakat tidak ada penolakan takutnya ada warga yang khawatir kita belum sampaikan sosialisasi baru penyiapan lahan, warga kampung sini tidak ada lahan. Minggu ini akan sosialisasi mungkin hari Rabu terkait rencana pemanfaatan TPU,” ungkapnya.

Dilanjutkan Nazmuddin, lahan perluasan untuk TPU Jombang tersebut sebesar perluasan lahan tersebut 4000 meter persegi, untuk satu lubangnya rata-rata 3 meter berarti 1.100 lubang yang tersedia.

“TPU Jombang hari ini selesai untuk yang daratannya tapi masih ada rawa yang kita uruk, kita masih ada lahan yang diatasnya yang parkiran akan kita gunakan nanti karena belum siap,” pungkasnya. (Ihy/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini