Beranda Sosial Tolong! Gadis Cilik di Solear Tangerang Butuh Biaya Berobat

Tolong! Gadis Cilik di Solear Tangerang Butuh Biaya Berobat

Desi (10) butuh biaya berobat penyakit yang dideritanya

KAB. TANGERANG – Bocah kelas IV Sekolah Dasar asal Desa Solear, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, hanya bisa terbaring lemas menahan sakit di perutnya yang terus membengkak.

Desi (10) namanya, seorang gadis cilik bertahan dengan penyakit yang diderita sejak 3 tahun lalu.

Pengakuan sang Ibu bernama Munawati (45), anaknya sangat sulit untuk menggerakan tubuhnya karena beban perut yang kian membesar.

Dirinya mengatakan tidak mampu melakukan pengobatan untuk anaknya. Sebab, dirinya terbentur biaya. Sang Ayah hanya pekerja serabutan alias tidak memiliki penghasilan tetap.

“Jangankan buat berobat, buat hidupin keempat anak saya saja harus susah payah,” ujar Munawarti, saat diwawancara BantenNews.co.id, Rabu (23/9/2020)

Munawarti mengungkapkan, anaknya pernah dibawah ke RSUD Balaraja untuk diobati. Namun, pihak rumah sakit malah merujuk ke rumah sakit di Jakarta.

“Karena nggak ada biaya sampai sekarang nggak berobat.” terangnya

Sementara itu, Pegiat Sosial setempat Atim mengaku telah mengetahui tetangganya itu yang tinggal di RT 01 RW 04 Desa Solear itu dilanda musibah penyakit. Oleh sebab itu, ia bersama rekannya tengah mengumpulkan donasi untuk biaya pengobatan Desi.

“Alhamdulillah baru dimulai sudah terkumpul Rp2 juta lebih. Mudah-mudahan makin banyak yang membantu buat pengobatan adik Desi ini,” ujar aktivis LSM KampakMas RI ini.

Sementara itu Kepala Puskesmas Cikoya, drg Dono Koesomo mengatakan pihaknya mengaku sudah mengunjungi kediaman rumah Desi. Katanya, Desi didiagnosa sakit busung lapar.

“Kami sudah ke rumah anak kecil itu, setelah dicek didiagnosa sementara sakit busung lapar, sebab baru dua bulan kebelakang perutnya membengkak.  Awalnya sakit jantung pada waktu pernah sekali berobat ke RSUD Balaraja,” ujar Dono kepada BantenNews.co.id, Kamis (24/9/2020)

Setelah berdialog dengan orang tua Desi, Dono menyebutkan bahwa Desi akan dirujuk ke rumah sakit dan pembiayaan akan ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang dengan memakai program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

“Karena tidak memiliki BPJS Kesehatan, biaya pengobatan ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang pakai Jamkesda,” ujarnya.

(Ren/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini