Beranda Gaya Hidup Tips Sehat dan Produktif Saat Bekerja dari Rumah

Tips Sehat dan Produktif Saat Bekerja dari Rumah

234
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Work from home (WFH) semakin banyak diberlakukan perusahaan sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona. Sejumlah karyawan mulai merasakan bekerja dari rumah yang bisa dibilang ‘gampang-gampang susah’. Selain berisiko bikin kerja kurang produktif, tak jarang WFH malah menimbulkan gangguan kesehatan misalnya sakit punggung.

Berikut beberapa tips tetap sehat dan produktif selama WFH seperti dilansir detik.com.

1. Buat Ruang Kerja

Selama WFH, para pekerja mungkin bisa menyelesaikan tugas dengan lebih fleksibel atau santai. Tapi tetap disarankan untuk bekerja di ruang atau sudut khusus dengan kursi dan meja dari pada di tempat tidur atau sofa. Pakar menyebutkan jika WFH di kasur bisa membuat kerja kurang produktif dan fokus, sakit punggung, hingga mengganggu waktu tidur.

2. Posisi Duduk yang Tepat

Bekerja sambil tiduran memang bisa dilakukan selama WFH. Tapi posisi tersebut tidak baik untuk kesehatan apalagi untuk dibiasakan hingga beberapa minggu ke depan. Anda yang menggunakan laptop atau komputer, dianjurkan untuk bekerja seperti di kantor dengan meja dan kursi.

Dilansir Ispo, jarak antara monitor dan layar yang baik adalah 50 hingga 70 cm. Pastikan pula kepala sedikit menunduk ketika melihat layar untuk menghindari ketegangan di bagian leher.

Selama WFH, jika bisa duduk di kursi yang ergonomis sehingga tubuh tidak pegal dan sakit. Anda juga perlu mengganti posisi duduk ketika bekerja dalam jangka waktu lama.

3. Perhatikan Kesehatan Mata

Beberapa orang merasa mata menjadi lebih kering ketika work from home. Hal itu bisa disebabkan beberapa hal, seperti memakai gadget lebih kecil, misalnya handphone atau notebook. Selain dengan memakai laptop atau komputer berlayar besar, sejumlah hal yang bisa dilakukan selama WFH untuk mencegah mata kering adalah pastikan jika AC atau kipas tidak mengarah ke wajah, tidak sambil merokok, dan membersihkan ruangan dari debu.

4. Istirahat Sejenak

Kadang bekerja dari rumah malah membuat orang lupa istirahat dan melewatkan makan. Hal ini tentu perlu dihindari mengingat selama virus Corona masih menghantui, kita perlu ekstra menjaga kesehatan. Karenanya, selama WFH pastikan banyak minum air putih, makan teratur, lakukan peregangan, dan sempatkan istirahat tanpa melihat gadget.

5. Tetap Olahraga

Jika bisa tetaplah berolahraga meski sedang WFH. Apalagi jika Anda lama duduk di tempat yang kurang nyaman karena bisa mengganggu sirkulasi darah dan oksigen ke otak. Anda yang tak ingin keluar rumah karena virus Corona, bisa melakukan latihan di dalam rumah dengan panduan tutorial olahraga.

6. Tetapkan Batasan

Ketika WFH, hari bisa terasa lebih cepat apalagi jika Anda sambil melakukan hal lain di rumah misalnya berberes atau mengurus anak. Karena itu, pekerjaan bisa terbengkalai ketika Anda lalai dalam menetapkan batasan. Jika bisa, selama WFH tetapkan aturan dan batasan untuk mengatur waktu kerja. Dengan begitu, Anda tetap bisa produktif meski bekerja dari rumah.

7. Jangan Putus Komunikasi

Salah satu masalah ketika WFH adalah kebosanan. Apalagi selama social distancing diharapkan agar pekerja tidak bepergian dan bersosialisasi. Mengingat zaman sudah canggih, Anda bisa tetap berkomunikasi dengan kolega atau teman untuk mengusir rasa bosan. Tapi ingat jangan sampai membuat pekerjaan jadi ketinggalan.

(Red)