Beranda Ramadan Tips Mudik Nyaman dan Aman Pakai Kendaraan Pribadi

Tips Mudik Nyaman dan Aman Pakai Kendaraan Pribadi

Ilustrasi - foto istimewa kesiniaja.com

Mudik merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu menjelang lebaran. Kemacetan diperkirakan akan terjadi di mana-mana saat masyarakat Indonesia bersamaan meninggalkan kota dan kembali ke kampung halaman.

Persiapan mudik yang dilakukan jauh hari merupakan hal yang tepat. Anda bisa cari tiket pesawat atau kereta api karena harga akan cenderung lebih terjangkau. Namun, Anda juga bisa memilih mudik menggunakan kendaraan pribadi bila memungkinkan.

Selain Lebaran yang sudah dinanti-nantikan, sekarang ini juga adalah saat di mana para pengemudi harus lebih berhati-hati di jalan. Setiap tahun saat musim mudik, selalu terjadi lonjakan angka dan korban kecelakaan di jalan raya.

Beberapa penyebab kecelakaan ini termasuk volume arus lalu lintas yang tinggi, pengemudi yang mengantuk, dan stres. Untuk membantu Anda sampai tujuan dengan selamat dan berkumpul bersama keluarga tercinta, berikut adalah sembilan tips untuk perjalanan mudik Anda seperti dikutip dari liputan6.com.

1. Buat Daftar Barang Bawaan

Sebelum melakukan perjalanan, buatlah daftar barang-barang yang akan dibawa oleh Anda ke dalam kendaraan pribadi. Daftar barang tersebut berguna untuk meminimalisasi kemungkinan Anda lupa. Selain itu, hal tersebut juga mengatur prioritas barang yang Anda bawa dari yang paling penting hingga kurang penting.

2. Cek Kondisi Kendaraan

Apabila sudah menyiapkan daftar barang yang dibawa, kini Anda harus mengecek kondisi kendaraan pribadi. Periksa oli mesin, busi, dan bawa air radiator untuk menjaga kendaraan bebas masalah. Bila dirasa kondisinya masih kurang bagus, lebih baik membawa kendaraan Anda ke bengkel resmi guna diperiksa secara menyeluruh.

3. Bawa Perlengkapan Kendaraan

Pastikan seluruh peralatan tambahan pada kendaraan Anda tersedia. Hal tersebut sangat penting untuk menghindari kondisi darurat, di mana tidak ada bengkel bila tiba di suatu daerah. Peralatan kendaraan seperti dongkrak, obeng, tang, kunci pas, dan lainnya sangatlah penting. Karena itu jangan lupa dibawa.

4. Persiapkan Spare Part Cadangan

Untuk meminimalisasi dana, Anda memang harus menyiapkan segala sesuatunya secara mandiri. Seperti mengecek kendaraan lebih lanjut seperti performa ban, busi, kampas rem, hingga mesin dan kabel gas. Apabila sudah lama digunakan disarankan untuk mengganti yang baru. Pastikan suku cadang seperti busi, sekring, tali rem, tali kopling, ban, dan lainnya tersedia dalam kendaraan Anda.

5. Tubuh dalam Kondisi Prima

Tak hanya memberikan perhatian pada kendaraan, kondisi badan Anda juga perlu dijaga. Perjalanan panjang membutuhkan kondisi badan yang fit. Pastikan Anda dalam kondisi fit sebelum memulai perjalanan jauh. Jika mengantuk, berhentilah untuk beristirahat. Dianjurkan agar Anda beristirahat setiap dua jam atau maksimal empat jam.

6. Isi Kembali Kotak P3K

Periksa dan isi kembali kelengkapan obat di kotak P3K Anda. Beberapa barang penting seperti minyak angin, balsem, hingga obat-obatan ringan menjadi perlengkapan wajib. Periksa juga apakah obat-obatan yang ada sudah melewati batas waktu atau tidak. Anda juga bisa menambahkan dengan obat-obatan lain.

7. Hiburan Lengkap

Hampir di seluruh wilayah Tanah Air kita, macet menjadi hal yang kerap ditemui Anda saat bepergian jauh ketika menjelang Lebaran. Lengkapi koleksi sistem hiburan di kendaraan Anda, seperti koleksi kaset, CD, MP3 film hingga e-book untuk menghindari rasa bosan.

8. Posko Gratis Kendaraan

Agen pemegang merek dari brand otomotif terbiasa untuk membuka posko layanan gratis di sejumlah titik tertentu di jalur mudik. Mereka juga biasanya menyediakan satu nomor darurat yang bisa dihubungi jika Anda mendapat masalah dengan kendaran Anda. Carilah informasi di manakah posko-posko itu berada.

9. Paket Data dan Baterai

Smartphone telah identik dengan kehidupan diri kita. Pastikan baterai dan pulsa telepon seluler Anda dalam kondisi penuh. Jangan sampai terjadi, dalam keadaan darurat telepon Anda tidak bisa digunakan. Jika perlu bawalah beberapa power bank. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini