Beranda Kesehatan Tips Menyimpan Sisa Daging Kurban Agar Awet dan Tetap Enak

Tips Menyimpan Sisa Daging Kurban Agar Awet dan Tetap Enak

Ilustrasi - foto istimewa

Idul Adha identik dengan momen berlimpahnya daging kurban. Tak jarang, jumlah daging kurban yang diterima melebihi kebutuhan, sehingga menimbulkan pertanyaan: bagaimana cara menyimpan sisa daging kurban agar awet dan tetap enak?

Berikut beberapa tipsnya:

1. Pisahkan daging berdasarkan jenisnya.

Pisahkan daging sapi, kambing, dan domba sebelum disimpan. Hal ini karena jenis daging tersebut memiliki tekstur dan ketahanan yang berbeda.

2. Potong daging sesuai kebutuhan.

Potong daging sesuai dengan kebutuhan sebelum disimpan. Hal ini memudahkan proses penyimpanan dan penyajian nanti.

3. Bersihkan daging.

Cuci daging dengan air bersih dan keringkan dengan handuk kertas. Pastikan tidak ada sisa darah atau kotoran pada daging.

4. Simpan daging di kulkas.

Untuk penyimpanan jangka pendek (1-2 hari), simpan daging di dalam kulkas. Gunakan wadah kedap udara atau plastik wrap untuk membungkus daging agar tidak terkontaminasi bakteri.

5. Simpan daging di freezer.

Untuk penyimpanan jangka panjang (lebih dari 2 hari), simpan daging di dalam freezer. Bungkus daging dengan rapat menggunakan plastik wrap, aluminium foil, atau wadah kedap udara khusus untuk pembekuan.

6. Beri label pada daging.

Tuliskan tanggal pemotongan dan jenis daging pada label. Hal ini membantu Anda untuk mengetahui batas waktu konsumsi daging dan jenis daging yang disimpan.

7. Cairkan daging dengan benar.

Saat ingin mengolah daging beku, cairkan daging di dalam kulkas atau rendam daging dalam air dingin. Hindari mencairkan daging dengan cara dibiarkan pada suhu ruangan karena dapat mempercepat pertumbuhan bakteri.

8. Jangan membekukan daging kembali.

Daging yang telah dicairkan tidak boleh dibekukan kembali. Hal ini karena kualitas daging akan menurun dan berisiko terkontaminasi bakteri.

9. Olah daging sesegera mungkin.

Sebaiknya olah daging sesegera mungkin setelah dicairkan. Jika tidak langsung diolah, simpan kembali daging di dalam kulkas dengan maksimal 2 hari.

Tips tambahan:

Anda dapat menambahkan bumbu marinasi pada daging sebelum disimpan. Bumbu marinasi membantu menjaga rasa dan tekstur daging selama penyimpanan.

Gunakan daun salam atau serai untuk membantu menghilangkan bau amis pada daging.

Simpan daging di rak paling bawah kulkas untuk menjaga kualitasnya.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menyimpan sisa daging kurban agar awet dan tetap enak. Selamat mencoba!

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News