Beranda Gaya Hidup Tips Menjadi Orang Jenius Seperti BJ Habibie

Tips Menjadi Orang Jenius Seperti BJ Habibie

151
0
BJ Habibie - foto istimewa Harian Terbit

Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie dikenal sebagai sosok jenius, cerdas, dan brilian. Berkat kejeniusannya. Presiden RI ke-3 itu memperoleh gelar doktor di Jerman dalam bidang teknik penerbangan.

Habibie diberi julukan bapak teknologi Indonesia. Ia pernah menciptakan karya besar, salah satunya pesawat N250. Tidak hanya itu, ia juga dikenal sebagai sosok pemikir. Sejak kecil ia memiliki rasa ingin tahu yang tinggi sehingga menanyakan banyak hal.

Menurut psikiater dan peneliti terkenal, Sir David Hawkins, MD, PH.D, kejeniusan adalah karakteristik kesadaran yang bersifat universal. Oleh karena itu, kejeniusan berlaku secara teoritis bagi setiap orang. Hanya saja diperlukan keadaan dan kondisi yang tepat untuk mengekspresikannya.

Dikutip dari detik.com, setiap orang memiliki sisi jenius dalam dirinya. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengeluarkan sisi kejeniusan tersebut dari dalam diri:

1. Menyadari bahwa kejeniusan berasal dari sebuah proses. Practice makes perfect, banyak latihan dan belajar setiap hari adalah bagian paling penting untuk mencapai tingkat kejeniusan. Komitmen dalam hal ini diperlukan.

2. Memahami bahwa kejeniusan berasal dari dalam diri. Merupakan tugas anda untuk menciptakan keadaan dan konteks untuk membiarkan kejeniusan muncul dari dalam diri.

3. Jenius adalah tentang terobosan ide baru dan melihat apa yang sebelumnya orang lain tidak lihat. Anda berada dalam kondisi jenius ketika terus-menerus menghasilkan ide-ide hebat, kreatif, dan mampu menerapkan ide-ide tersebut dengan baik sesuai dengan keahlian. Gagasan adalah permulaan, menghasilkan karya adalah kejeniusan.

4. Jenius merupakan cara anda berlatih dan bagian dari kebiasaan. Kejeniusan dapat dimulai dari sensitivitas, intuisi, kesadaran, dan pemahaman yang mendalam.

5. Buat rutinitas pagi untuk memastikan sistem kreativitas bekerja. Pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk memanfaatkan kejeniusan karena kondisi tubuh yang masih segar. Lakukan semua hal yang dapat mengoptimalkan kreatifitas dan kejeniusan. Anda dapat memulai dengan meditasi, olahraga, atau mendengarkan musik. Setelah melakukan rutinitas pagi, anda dapat memulai pekerjaan anda yang menuntut kreatifitas dan kejeniusan tersebut.

6. Percaya pada diri sendiri bahwa anda memiliki kejeniusan di dalam diri dan tugas anda untuk mempercayai intuisi.

7. Buat tenggat waktu yang memaksa anda untuk mengeluarkan sisi kreativitas dan kejeniusan.

8. Fokus saat bekerja dan jauhkan segala hal yang bisa menjadi distraksi. Setelah bekerja keras, anda membutuhkan rekreasi atau waktu istirahat. Ini merupakan bagian dari proses kreatif sehingga pikiran tidak jenuh dan mematikan kejeniusan.

9. Jangan kehilangan antusiasme dan terus lakukan segala hal yang membuat diri anda semakin maju ke depan.

(Red)