Beranda Gaya Hidup Selain Minta Maaf, Begini Cara Cerdas Menghadapi Orang yang Marah Sama Kamu

Selain Minta Maaf, Begini Cara Cerdas Menghadapi Orang yang Marah Sama Kamu

Ilustrasi - foto istimewa liputan6.com

Maaf memang penting tapi itu bukan cara satu-satunya loh. Ada beberapa hal lain yang harus kamu lakukan agar bukan hanya dia berhenti marah, tapi juga masalah yang ada bisa terselesaikan dengan jelas.

Berikut adalah 5 cara efektif dan cerdas untuk mengahadapi orang yang marah denganmu selain hanya mengucapkan kata maaf. Simak seperti dilansir IDN Times di bawah ini!

1. Masalah tidak akan selesai kalau kamu juga ikut marah, jadi tahan emosimu!

Yang pertama-tama adalah kamu butuh mengendalikan emosimu sendiri sebelum kamu ingin mengendalikan yang lain. Jangan juga ikutan marah apalagi sebal dengan dia yang sedang marah. Kamu butuh kesabaran untuk bisa meneliti permasalahan yang kalian hadapi supaya masalah bisa terpecahkan dengan baik.

2. Jangan memberikan alasan yang akan memperkeruh suasana

Kalau kalian belum membahas secara detail tentang masalah inti, maka jangan membuat dirimu aman dengan memberikan alasan. Itu hanya akan memperkeruh keadaan dan membuat kalian semakin renggang satu sama lain. Mulailah menjadi pendengar dengan mau tahu apa yang dia tidak sukai dari kelakuanmu.

3. Jangan merasa takut untuk menjadi pihak yang salah

Jika memang ada kesalah pahaman di antara kalian, penting untukmu tidak menganggap kamu selalu benar. Ada kalanya kamu juga bisa salah dan harus mengakuinya. Kalau memang kamu yang salah, jangan menunggu untuk mengungkapkan rasa bersalahmu dengan minta maaf. Terkadang ketulusanmulah yang bisa menentukan dia akan tetap marah atau tidak.

4. Jangan bersikap seolah kamu tidak peduli

Jangan membesarkan egomu di saat seperti ini. Jangan juga berpikir bahwa dia akan mengalah kalau kamu ikutan marah juga. Sebaliknya, tunjukkan bahwa kamu peduli terhadap masalah kalian dan berkeinginan untuk menyelesaikannya. Dengan begitu dia akan melihat kalau kamu orang yang bertanggung jawab dan akhirnya setuju untuk membahas masalah itu.

5. Jangan memosisikan dirimu di atas orang lain

Hanya karena kamu benar, bukan berarti kamu jadi sombong dan memojokannya begitu saja. Kamu butuh membaca situasi. Jika dia marah karena salah paham, maka rendah hatilah dengan menjelaskan padanya apa yang terjadi. Buatlah dia tahu kalau kamu memaklumi kesalahannya. Siapa tahu dia marah bukan karena kamu tapi karena dia malu atas kesalahannya.

Yang penting adalah kamu harus tertuju pada penyelesaian masalah, bukan hanya membuatnya berhenti marah saja. Nantinya, kamu dan dia pasti bisa lebih mengerti satu sama lain dan bisa paham bagaimana cara menyelesaikan masalah dengan lebih tepat tanpa marah-marah terlebih dahulu. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini