Beranda Gaya Hidup Manfaat Seni Bela Diri Bagi Kebugaran Fisik dan Mental

Manfaat Seni Bela Diri Bagi Kebugaran Fisik dan Mental

Ilustrasi - foto istimewa Indonesia.go.id

Seni bela diri adalah salah satu seni yang memiliki berbagai manfaat. Mulai dari kebugaran fisik hingga peningkatan mental.

Bela diri juga memiliki manfaat untuk kesehatantubuh. Dikutip dari detik.com, berikut ini adalah enam manfaat dari bela diri bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Bela diri mengharuskan tubuh untuk menjalani latihan yang kuat. Latihan tersebut dapat meningkatkan denyut jantung dan meningkatkan daya tahannya dari penyakit kardiovaskular atau serangan jantung.

2. Menurunkan Berat Badan

Seni bela diri membutuhkan aktivitas fisik yang intensif. Dengan berbagai gerakan yang dilakukan dalam bela diri, dapat mempercepat pembakaran kalori. Dari aktivitas ini, dapat membakar hingga 500 kalori, tentunya diimbangi dengan pola makan yang teratur.

3. Mempertahankan Tekanan Darah

Dari gerakan bela diri yang dilakukan secara rutin dan intensif, dapat menyehatkan jantung dan mengontrol tekanan darah yang tinggi agar kembali stabil.

4. Meningkatkan Refleks

Seorang seniman bela diri biasanya memiliki refleks yang sangat baik. Jika anda menjalani pengulangan gerakan bela diri secara konstan, hal ini dapat membantu meningkatkan refleks dan reaksi yang lebih cepat.

5. Meningkatkan Fleksibilitas

Disiplin bela diri menggunakan gerakan seperti tendangan tinggi, lemparan, penghindaran, dan beberapa gerakan akrobatik. Gerakan seperti itu akan membantu dalam meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi risiko cedera.

6. Membantu Untuk Memulai Gaya Hidup Sehat

Dengan terbakarnya kalori dalam tubuh, gerakan bela diri juga dapat mengatur sinyal keinginan alami untuk makan dalam jumlah yang berlebihan.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini