Beranda Gaya Hidup Tips Mengendarai Mobil Manual, Mudah Banget Kok

Tips Mengendarai Mobil Manual, Mudah Banget Kok

Ilustrasi - foto istimewa fannybostromscuriosities.blogspot.com

Para pengendara perkotaan lebih menyukai mobil bertransmisi otomatis atau mobil matic. Wajar saja jalanan yang macet membuat kaki ini terasa pegal kalau harus menginjak kopling terus-terus. Kalau naik mobil matic, kaki kiri bisa lebih beristirahat.

Selain itu, mengemudi mobil manual memang membutuhkan keahlian terlatih karena berkendara di jalanan tentu saja membutuhkan kemampuan yang baik serta kehati-hatian yang amat tinggi.

Jangan sampai karena cara menyetir kamu yang salah pada akhirnya justru membahayakan pengguna jalan lain. Mengutip situs Daihatsu Indonesia, pada dasarnya mengendarai semua jenis mobil prinsipnya sama, yang perlu diperhatikan adalah kewaspadaan.

Sehebat apapun anda saat menyetir mobil jangan pernah mengendarai mobil dengan cara yang ugal-ugalan karena berpotensi membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Khusus untuk mobil manual butuh trik khusus untuk bisa mengendarainya. Berikut cara benar mengendarai mobil manual seperti dikutip dari detik.com.

1. Kenali Fitur Mobil

Tips paling utama yang harus Sahabat lakukan sebelum belajar menyetir mobil manual adalah mengenali dan menghafal. Pastikan detikers hafal beberapa elemen penting mobil seperti injakan rem, gas dan kopling. Jangan sampai salah menginjak karena dapat sangat membahayakan. Hafalkan juga elemen lain seperti tombol lampu sign, bel dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, detikers juga harus belajar mengenai posisi perpindahan gigi mobil atau persneling yang biasanya ada mulai dari angka 1 s/d 5 dan juga untuk posisi netral. Selain itu ada posisi R untuk posisi mundur. Saat semua sudah Sahabat kuasai maka akan dengan mudah untuk mengendarai mobil manual.

2. Latihan di Tempat yang Tepat

Salah satu tips lain mengendarai mobil adalah Sahabat harus banyak-banyak berlatih. Salah satu yang diperhatikan yakni lokasi yang akan detikers jadikan tempat latihan.

Pilihlah lapangan yang cukup luas untuk belajar menyetir mobil manual. Dengan luas lahan yang cukup maka detikers dapat berkonsentrasi penuh menghafal bagaimana cara menyetir mobil manual. Setelah detikers terbiasa barulah pilih lokasi yang lebih menantang. Contohnya saja jalanan umum, tetapi pilih jalanan yang sepi. Cara belajar mobil manual dengan cepat ini cukup efektif membantu Sahabat membiasakan diri menyetir mobil di jalan.

3. Harus Konsentrasi

Saat belajar mengemudi mobil dengan transmisi manual masa-masa paling menegangkan yaitu ketika detikers mulai memasuki kabin mobil dan duduk layaknya seorang sopir yang mahir. Pastikan pikiran Sahabat lebih tenang, lebih relaks dan konsentrasi penuh. Jika detikers masih agak gemetaran silahkan tunggu hingga perasaan Sahabat lebih santai. Dengan begitu akan lebih mudah mengendarai mobil manual.

4. Proses Penyalaan Mesin Mobil

Proses penyalaan mesin mobil ini juga bagian sangat penting, pastikan mobil dalam keadaan netral. Jika sudah silahkan mulai memutar kunci kotak untuk melakukan starter. Ketika mesin sudah nyala kemudian pastikan Sahabat mengetahui bahwa di bawah kaki kamu sekarang ada 3 jenis pedal. Pedal yang paling kiri yaitu kopling, tengah rem, dan kanan gas. Pastikan Sahabat jangan sampai salah dalam menginjak ketiga pedal tersebut.

5. Seimbangkan Antara kopling dan Gas

Saat gear shift detikers sudah di posisi gigi 1 tetapi mobil belum jalan? Tenang aja, itu karena detikers belum menginjak gas nya. Biar gampang, kita menganalogikan kopling dan gas itu seperti jungkat-jungkit. Ketika gas akan ditekan, detikers harus angkat kopling secara berlahan-lahan.

Ini biasanya bagian paling susah untuk pemula. Saat bagian gas diinjak kencang sementara kopling belum terangkat dapat mengakibatkan munculnya suara kasar. Sementara jika pengangkatan kopling terlalu cepat, ada dua kemungkinan yang akan terjadi yaitu mesin mati atau jalan mobil yang tersendat. Maka dari itu, detikers usahakan bisa seimbang untuk menginjak pedal kopling dan pedal gasnya.

6. Ulangi Langkah 5 untuk Menambah atau Menurunkan Kecepatan

Untuk menambah dan menurunkan kecepatan detikers juga perlu menginjak kopling. Perlu Sahabat ingat, setiap perpindahan gigi baik naik ataupun menurunkan gigi, detikers harus selalu menginjak kopling dan mengingat prinsip jungkat-jungkit yang pada poin 5 telah dijelaskan agar mobil berjalan dengan baik tidak tersendat-sendat.

7. Jangan Lupa Siaga Rem Ketika Gas Sudah Stabil

Untuk menjaga kestabilan mobil saat berada di jalanan maka jika dirasa mobil terlalu cepat maka sebaiknya detikers melakukan pengereman. Secara otomatis kaki harus bergeser meninggalkan gas dan menginjak rem, biarkan kaki kiri dan biarkan koplingnya. Untuk pemula sebaiknya lupakan hal-hal yang kompleks, cukup injak rem saja jika ingin membuat mobil lebih lambat atau pelan-pelan.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini