Beranda Akademi Tips Mengatasi Rambut Kering

Tips Mengatasi Rambut Kering

Ilustrasi - foto istimewa inspirasi Shopee

Oleh :  Febry Wahyuni, Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang

 

Wanita mungkin sudah tidak asing lagi dengan masalah rambut, terutama yang membuat penampilan mereka terlihat kurang maksimal. Rambut merupakan mahkota bagi wanita, tidak jarang wanita sering memperhatikan dan menjaga Kesehatan rambutnya.

Banyak wanita yang memiliki masalah kerusakan yang terjadi pada rambut wanita salah satunya masalah rambut kering. Salah satu kerusakan pada rambut yang biasanya terjadi karena beberapa faktor seperti,

1.     Rambut yang terkena paparan sinar matahari

Rambut yang sering terkena sinar matahari akan mengakibatkan rambut menjadi rusak, tidak hanya rambut tetapi juga kulit kepala menjadi kering sehingga kulit kepala kekurangan nutrisi, hal ini memicu munculnya ketombe. Akibat dari kemunculan ketombe ini kegiatan – kegiatan yang kita lakukan akan menjadi terganggu karena ketombe yang menempel pada baju dan dapat menimbulkan rasa tidak percaya diri. Oleh karena itu jika ingin beraktivitas di luar ruangan tidak lupa menggunakan serum  pada rambut untuk melengkapi nutrisinya.

2.     Penggunaan shampo

Pemilihan shampo umumnya sangatnpenting karena shampo yang tidak sesuai atau tidak cocok akan mengakibatkan rambut menjadi kering dan rusak. Penggunaan shampo dengan komposisi bahan yang terlalu kuat dapat mengakibatkan rambut mengalami kerusakan, oleh karena itu wajib untuk mengenali jenis rambut sehingga nutrisi yang diperlukan terpenuhi dengan baik.

3.     Penggunaan air dryer

Pada umumnya banyak sekali wanita yang menggunaka air dryer untuk mengeringkan rambut sehabis keramas secara cepat. Cara berkerja alat air dryer adalah mengubah energi listrik menjadi uap panas, uap panas yang digunakan untuk mengeringkan rambut dapat merusak rambut contohnya rambut menjadi kering , rambut sulit untuk diatur, dan rambut menjadi patah, oleh karena itu kurangi penggunaan air dryer sesudah keramas dan jika ingin menggunakan air dryer jangan lupa menggunakan vitamin rambut untuk mencegah terjadinya kerusakan pada rambut.

4.     Penggunaan cat rambut

Pada remaja khusus wanita yang sering sekali mengikuti gaya seperti artis – artis korea yang memiliki warna rambut yang sangat menarik, pewarnaan pada rambut merupakan salah satu kegiatan yang dapat merusak rambut. Hal ini terjadi karena cat rambut mengandung bahan kimia yang dapat membuat rambut menjadi rusak contohnya rambut menjadi kering dan bercabang, sebaiknya kurangi kegiatan pewarnaan pada rambut dan jika ingin melakukan pewarnaan rambut gunakan vitamin – vitamin pada rambut sebelum melakukan pewarnaan pada rambut.

5.     Penggunaan catokan

Catokan merupakan salah satu alat untuk memberikan gaya terhadap rambut wanita. Penggunaan catokan terlalu sering dapat merusak rambut akibat gaya panas ayang dihasilkan sehingga rambut mudah patah dan kering. Oleh karena itu kurangi penggunaannya agar rambut tetap sehat.

(***)