Beranda Kesehatan Tips Mencegah Pegal-pegal Usai Olahraga

Tips Mencegah Pegal-pegal Usai Olahraga

Ilustrasi - foto istimewa

Pegal-pegal atau nyeri otot setelah berolahraga (Delayed Onset Muscle Soreness/DOMS) merupakan hal yang wajar.

Rasa nyeri ini biasanya muncul 24-72 jam setelah berolahraga dan dapat berlangsung selama beberapa hari.

Berikut beberapa tips untuk mencegah pegal-pegal usai berolahraga:

Sebelum Olahraga:

1. Lakukan pemanasan: Lakukan pemanasan minimal 10-15 menit sebelum berolahraga. Pemanasan dapat meningkatkan aliran darah ke otot dan mempersiapkan tubuh untuk aktivitas fisik. 2. Perhatikan intensitas: Jika Anda baru memulai berolahraga, mulailah dengan intensitas yang rendah dan tingkatkan secara bertahap. 3. Minum air putih yang cukup: Pastikan Anda minum air putih yang cukup sebelum, selama, dan setelah berolahraga. Dehidrasi dapat meningkatkan risiko pegal-pegal.

Saat Olahraga:

4. Gunakan teknik yang benar: Pastikan Anda menggunakan teknik yang benar saat berolahraga untuk menghindari cedera. 5. Dengarkan tubuh Anda: Jika Anda merasa sakit, istirahatlah. Jangan memaksakan diri.

Setelah Olahraga:

6. Lakukan pendinginan: Lakukan pendinginan minimal 5-10 menit setelah berolahraga. Pendinginan dapat membantu tubuh Anda kembali ke kondisi normal dan mengurangi pegal-pegal. 7. Lakukan peregangan: Lakukan peregangan selama 10-15 menit setelah berolahraga. Peregangan dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi pegal-pegal. 8. Minum air putih yang cukup: Minum air putih yang cukup setelah berolahraga untuk membantu pemulihan tubuh. 9. Konsumsi makanan yang kaya protein: Konsumsi makanan yang kaya protein setelah berolahraga untuk membantu pemulihan otot. 10. Pijat: Pijat dapat membantu meredakan pegal-pegal dan meningkatkan aliran darah ke otot. 11. Mandi air hangat: Mandi air hangat dapat membantu merilekskan otot dan mengurangi pegal-pegal. 12. Istirahat yang cukup: Istirahat yang cukup sangat penting untuk pemulihan tubuh.

Tips tambahan:

Gunakan kompres dingin atau panas untuk meredakan pegal-pegal.

Gunakan obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti ibuprofen atau paracetamol.

Konsultasikan dengan dokter jika pegal-pegal sangat parah atau tidak membaik setelah beberapa hari.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat mencegah pegal-pegal usai berolahraga dan menikmati aktivitas fisik dengan lebih nyaman.

Selamat berolahraga!

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini