Beranda Peristiwa Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik dan Sehat

Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik dan Sehat

Ilustrasi hewan kurban - foto istimewa viva.co.id

SERANG – Setiap Hari Raya Idul Adha biasanya identik dengan penyembelihan hewan kurban. Mengurbankan hewan sehat merupakan salah satu kriteria yang disyariatkan dalam Islam. Bagaimana cara memilih hewan kurban yang sehat?

Drh Supratikno, MSi, PAVet, Kepala Tim Peneliti Penyembelihan Halal Science Center (HSC) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) menyebutkan beberapa ciri hewan yang sehat.

“Ciri hewan sehat ialah yang aktif bergerak, nafsu makan baik, rambut atau bulu tidak kusam, cermin hidung basah, mata bersinar, mulut, hidung, dan anus bersih,” katanya seperti dikutip dari detik.com.

Selain itu, berdasarkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH), ada beberapa kriteria yang harus ada pada hewan yang akan dikurbankan.

1. Sehat

Tentu saja hewan yang akan dikurbakan harus sehat. Saat membelinya, ada beberapa tata cara untuk menilai hewan tersebut sehat atau tidak.

– Hewan dilihat dari sisi kanan, kiri, depan, dan belakang terlihat normal.
– Mintalah pedagang untuk menjalankan hewan, karena hewan yang sakit cenderung terlihat lemas dan enggan berjalan.
– Periksa kaki dan kukunya, pastikan tidak ada luka.
– Coba berikan makanan, hewan sehat memiliki nafsu makan yang baik.
– Lihat secara seksama lubang tubuh dan mata, pastikan tidak terlihat tanda hewan buta atau sakit mata.
– Periksa cermin hidung, bila kering itu menunjukkan hewan sedang sakit atau demam.

2. Tidak cacat

Periksalah apakah ada suatu kekurangan pada hewan tersebut, misal telinga rusak, ekor terpotong, pincang, buta, atau buah zakar (testis) tidak lengkap.

3. Tidak kurus

Jangan beli hewan yang kurus. Kurus atau tidaknya suatu hewan dilihat dari adanya tonjolan tulang-tulang rusuk atau iga, tulang bagian pinggang, dan tulang bagian pinggul.

4. Cukup umur

Ingat, saat membeli hewan kurban tanyalah pada pedagang usia hewan tersebut. Untuk kambing atau domba setidaknya sudah genap satu tahun atau memasuki tahun kedua (13 bulan). Untuk sapi, minimal berusia dua tahun atau memasuki tahun ketiga (25 bulan).

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini