Beranda Kesehatan Tips Hidup Sehat Saat Berpuasa Untuk Pekerja 

Tips Hidup Sehat Saat Berpuasa Untuk Pekerja 

Ilustrasi - foto istimewa urbanradiobandung.com

SERANG – Mayoritas pekerja menghabiskan sebagian besar waktunya dengan duduk dan menatap layar monitor setiap hari. Itulah mengapa dianjurkan untuk bisa menerapkan pola hidup sehat agar tubuh fit dan bugar meski berpuasa.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut tips apa saja yang perlu dilakukan agar tubuh tetap sehat selama bekerja dan berpuasa!

1. Makan sahur

Hal paling penting dilakukan agar tetap sehat untuk bekerja selama berpuasa adalah selalu makan sahur. Sama halnya seperti sarapan, sahur juga berperan penting untuk memberikan nutrisi dan energi yang kamu butuhkan untuk berpuasa sepanjang hari.

Pilih sumber karbohidrat kompleks, yakni seperti nasi merah, roti gandum, dan oat yang bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Makanlah juga makanan sumber protein, misalnya keju, telur, daging rendah lemak.

Lengkapi juga asupan gizi dengan makan buah dan sayur-sayuran yang kaya akan serat. Tujuannya adalah supaya sistem pencernaan kamu tetap lancar.

2. Mengatur asupan makanan

Berbagai macam makanan buka puasa yang dijual di sekitar kantor memang terlihat menarik dan menggiurkan. Namun,

makan makanan yang enak-enak saja tanpa memperhatikan porsi dan nilai gizinya, bisa menimbulkan berbagai keluhan kesehatan selama berpuasa.

Sebaiknya, makanlah sesuai porsi kebutuhan dan makan beragam jenis makanan agar kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi.

3. Penuhi kebutuhan cairan harian

Kebutuhan cairan tubuh juga harus diperhatikan selama puasa. Dianjurkan untuk minum setidaknya 8 gelas air putih (2-3 liter) setiap hari.

Kebutuhan ini bisa dipenuhi dengan mempraktikkan rumus 2–4–2, yaitu dua gelas saat berbuka puasa, empat gelas setelah salat Tarawih atau sebelum tidur, dan dua gelas lagi saat sahur.

4. Berolahraga ringan secara rutin

Tak perlu olahraga yang terlalu berat, lakukanlah olahraga ringan seperti berjalan kaki menuju kantor, naik dan turun tangga, dan sebagainya. Tidak hanya bisa membuat tubuh tetap fit dan bugar, berolahraga saat puasa juga bisa menurunkan berat badan dan menghilangkan stres.

5. Tidur yang cukup

Mengantuk saat berpuasa bukan hanya disebabkan karena kebanyakan makan saja, tapi bisa jadi karena memang kurang tidur. Puasa memang akan mengubah jadwal tidur, karena harus bangun lebih pagi untuk makan sahur. Dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan tidur setidaknya 7–9 jam (untuk orang dewasa) dalam sehari.

Sebagian pekerja kantoran cenderung memiliki pola tidur yang tidak teratur. Contohnya seperti sering tidur terlalu malam akibat banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan. Nah, ini bisa memengaruhi kinerja otak dan akan menghambat aktivitasmu keesokan harinya.

6. Hindari kafein

Selama bulan puasa sebaiknya hindarilah mengonsumsi kafein, karena bisa membuat perut sakit jika diminum dalam keadaan perut kosong. Selain itu, kopi juga bersifat diuretik sehingga menyebabkan tubuh lebih banyak kehilangan cairan dan meningkatkan rasa haus.

Nah, itulah tips-tips yang bisa dilakukan untuk tetap sehat dan produktif saat berpuasa. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News